Yamaha

Dibanding Ayah, Ibu Lebih Stres saat Mengasuh Anak

  Kamis, 26 Desember 2019
Ilustrasi ibu stres saat mengasuh anak. (Thinkstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mengasuh dan merawat anak bukanlah tugas yang mudah. Banyak ibu merasa lebih stres saat melakukan kewajiban ini daripada ayah. Jika Anda termasuk dari mereka yang mengalaminya, Anda tak sendirian.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan sosiolog dari Cornell University, banyak ibu merasa lebih tegang secara emosional saat menghabiskan waktu dengan anak-anak daripada para ayah.

AYO BACA : Cara Khas Donita dalam Mengasuh Anak

Dilansir dari Times of India, ini berarti bahwa ibu lebih terlibat pada bagian yang tidak begitu menyenangkan dalam membesarkan anak daripada para ayah.

Mengapa itu terjadi? Sebagian besar ibu menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengasuh dan merawat anak-anak, serta tugas domestik lainnya. Sementara para ayah menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya dengan anak-anak mereka.

AYO BACA : Ibu: Karier Tertinggi dan Terbaik di Rumah

Ibu juga mengalami lebih banyak gangguan tidur dan lebih sedikit waktu luang dengan anak-anak mereka dibandingkan dengan ayah mereka. Bukannya para ibu tidak menikmati setiap waktu yang mereka habiskan dengan anak-anak mereka, tetapi mereka merasa lebih tegang dibandingkan dengan para ayah.

Studi ini mengumpulkan data dari lebih dari 12 ribu orangtua dan anak-anak di bawah 18 tahun. Studi ini meminta ibu dan ayah untuk mencatat apa yang mereka rasakan dan apa yang mereka lakukan selama tiga periode acak hari itu.

Studi ini melihat bagaimana perasaan orangtua saat melakukan kegiatan dengan anak-anak mereka dan membandingkannya dengan bagaimana perasaan mereka saat melakukan kegiatan yang sama tanpa anak-anak mereka.

Dibandingkan dengan para ayah, ibu memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih rendah dan lebih merasa stres, juga kelelahan saat mereka bersama anak-anak.

Penelitian ini menunjukkan ibu juga hadir di sebagian besar waktu yang dihabiskan ayah dengan anak-anak mereka, yang berarti bahwa para ayah sangat jarang berurusan dengan tanggung jawab pengasuhan solo daripada ibu.

AYO BACA : 5 Cara Menjadi Orang Tua yang Baik

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar