Yamaha

Ratna Sarumpaet: Mudah-mudahan Jokowi Kapok Penjarakan Saya

  Kamis, 26 Desember 2019
Ratna Sarumpaet. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Mantan terpidana kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa kapok memenjarakan dirinya yang telah memasuki usia lanjut.

Setelah resmi bebas, Ratna memastikan akan tetap mengkritisi kebijakan pemerintah yang dinilai salah. Hal itu disampaikan Ratna sesaat setelah bebas bersyarat dari penjara.

Ratna menyebut mengkritisi kebijakan pemerintah yang dinilai salah telah menjadi tabiatnya. Apalagi, menurunnya Indonesia merupakan negara demokrasi.

"Itu kan tabiat saya. Jadi saya rasa mudah-mudahan Pak Jokowi juga kapok memenjarakan saya. Enggak ada gunanya juga, saya orang tua. Masa kalau saya mengkritik terus saya dimarahin lagi, enggak boleh begitu dong. Kita negara demokrasi," kata Ratna di kediamannya kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (26/12/2019).

AYO BACA : Ratna Sarumpaet: Saya Salah Masuk Tim Prabowo

Aktivis Gaek itu pun menyampaikan bahwa sudah menjadi tugasnya sebagai aktivis mengkritik kebijakan pemerintah yang dianggap salah.

Menurutnya, kritik yang disampaikan kepada pemerintah merupakan bentuk kecintaannya terhadap bangsa.

"Itu bantuan buat Pak Jokowi, kalau beliau enggak saya kritik, berarti saya tidak sayang sama dia atau tidak sayang sama bangsa saya. Jadi kapan mulai mengkritik nggak usah ditanya juga ya," ujarnya.

Meski demikian, Ratna pun menyadari atas kesalahan yang dia lakukan. Ratna mengatakan kekinian lebih memilih untuk memetik hikmah dan pembelajaran dari semua kesalahannya.

"Saya percaya ada sesuatu yang baik di balik kesempatan yang diberikan kepada saya. Jadi saya seperti di lapas, aku enggak berpikir tentang waktu kapan pulang begitu. Saya menikmati saja begitu, apa yang bisa saya lakukan ya saya lakukan, saya baca, menulis," ucapnya.

AYO BACA : Akhirnya Ratna Sarumpaet Bebas dari Penjara

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar