Yamaha

Akhirnya Ratna Sarumpaet Bebas dari Penjara

  Kamis, 26 Desember 2019
Ratna Sarumpaet menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jaksel. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Ratna Sarumpaet bebas dari penjara Rutan Wanita Pondok Bambu, Kamis (26/12/2019). Ratna Sarumpaet berstatus bebas bersyarat.

Hal itu dibenarkan kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Desmihardi. Desmihardi menjelaskan Ratna Sarumpaet sebelumnya melakukan permohonan bebas bersyarat, dan akhirnya dikabulkan.

AYO BACA : Kuasa Hukum Sebut Ratna Sarumpaet Terbukti Tidak Timbulkan Keonaran

"Pembebasan ini diberikan setelah permohonan pembebasan bersyarat ibu Ratna dikabulkan serta ibu Ratna mendapatkan remisi Idul Fitri dan 17 Agustus oleh Menkumham," kata Desmihardi dalam pernyataan persnya, Kamis (26/12/2019) siang.

Sebelumnya Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis terdakwa kasus penyebaran berita bohong, Ratna Sarumpaet, dipenjara selama dua tahun dalam sidang di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

AYO BACA : Ratna Sarumpaet Pilih Ajukan Pindah Rutan Daripada Banding

Vonis yang diterima Ratna Sarumpaet untuk kasus penyebaran berita bohong lebih ringan dibandingkan dengan tuntutan dari jaksa penuntut umum. Dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, majelis hakim pimpinan Hakim Ketua Joni menjatuhkan hukuman dua tahun penjara untuk Ratna Sarumpaet.

Sementara, tuntutan jaksa pada sidang sebelumnya adalah enam tahun kurungan. Walaupun demikian, majelis hakim dan kejaksaan sepakat bahwa Ratna telah melanggar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Dalam amar putusannya, Hakim Ketua Joni juga menjelaskan, vonis penjara dua tahun akan dikurangi dengan masa tahanan yang telah dijalani Ratna sejak Oktober 2018. Artinya, Ratna masih harus menjalani sisa hukuman selama 15 bulan dalam penjara.

AYO BACA : Ratna Sarumpaet Divonis 2 Tahun Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan Jaksa

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar