Yamaha

Musim Dingin Bisa Buat Depresi, Coba Ikuti Tips Ini!

  Kamis, 26 Desember 2019   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Aktivitas yang berat bisa membuat emosi mudah terganggu. Pun demikian, perubahan cuaca dari panas ke dingin, bisa menyumbang tingkat depresi semakin menjadi-jadi, terkecuali kita telah menetapkan sejumlah langkah mengantisipasinya. 

Melansir Himedik.com, menurut ahli, musim dingin dapat membuat depresi menjadi lebih buruk pada beberapa orang, terutama penderita gangguan afektif musiman atau Seasonal Affective Disorder (SAD).

Ya, gangguan ini paling sering terjadi pada cuaca dingin. Kondisi ini merupakan respon tubuh terhadap berkurangnya jumlah sinar matahari.

Itulah sebabnya penting bagi mereka untuk tetap terhubung dengan orang yang mengalaminya juga dan mencari cara untuk mengatasi rasa depresi tersebut.

Melansir National Alliance on Mental Illness, berikut cara mengatasi pertempuran dengan depresi selama musim dingin.

1. Menjadi relawan atau bersosialisasi

Mesuk ke dalam sebuah komunitas dapat meningkatkan mood dan kepuasan diri. Anda dapat menemukan peluang menjadi relawan melalui laman pemerintah atau organisasi komunitas setempat.

2. Berjalan di alam

AYO BACA : Yuk, Cermati! Saran Resolusi Kesehatan Tahun 2020

Luangkan waktu untuk menyerap sinar matahari hangat saat waktunya memungkinkan, bisa dilakukan dengan berjalan atau bersepeda. Ambil napas dalam-dalam dan sering serta nikmati momen yang Anda miliki dengan alam.

3. Membaca

Jika cuaca terlalu buruk untuk pergi keluar, membaca adalah kegiatan di dalam ruangan yang bagus untuk merasa lebih baik.

Membaca buku merangsang pemikiran, memungkinkan Anda berpikir kreatif, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kosakata dan pengetahuan.

4. Bersikap baik pada diri sendiri

Perawatan dan cinta diri selalu penting untuk diingat ketika menghadapi depresi. Tenangkan diri dan cobalah untuk melepaskan hal-hal kecil yang membuat stres atau sedih.

Lakukan sesuatu yang baik untuk diri Anda sendiri. Baik itu mandi air hangat, perawatan wajah, manikur atau pedikur, olahraga atau bahkan hanya tidur siang.

5. Tetap sehat dan terhidrasi

Pastikan Anda mengonsumsi makanan bernutisi, seperti buah atau sayuran. Jangan lupa untuk tetap terhidrasi sehingga tubuh berfungsi dengan baik.

AYO BACA : Tergolong Gangguan Suasana Hati Kronis, Ini Perawatan Pengidap Bipolar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar