Yamaha

Arus Balik Natal Diperkirakan Terjadi 2 Hari

  Rabu, 25 Desember 2019
Ilustrasi mudik Natal. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Jasa Marga memprediksi ada 338 ribu kendaraan yang akan kembali ke Jakarta usai Natal 2019. Kendaraan itu diprediksi akan datang dalam rentang waktu dua hari yakni pada 25 dan 26 Desember 2019.

“Memasuki puncak arus balik Natal 2019, diprediksi sebanyak total 338 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru dalam keterangannya, Rabu (25/12/2019).

AYO BACA : Langgar Aturan Libur Natal, 20 Truk Logistik Ditahan di Tol Japek

Heru mengatakan, 338 ribu kendaraan itu akan datang baik dari arah timur melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, dari arah barat melalui GT Cikupa, serta arah Selatan melalui GT Ciawi. 

“Lalu lintas tertinggi diprediksi dari arah timur yang kembali ke Jakarta melalui GT Cikampek Utama, sebanyak 98 ribu kendaraan atau naik 97 persen dari lalu lintas harian normal sebanyak 50 ribu kendaraan,” ujarnya.

AYO BACA : Operasional Gerbang Tol Cikampek Ditambah

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diharapkan, ujarnya, Jasa Marga telah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi peningkatan volume kendaraan pada arus balik Natal 2019. Hal itu seperti penambahan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan menambah unit mobile reader dan khusus Jalan Tol Japek II Elevated, Jasa Marga juga telah menambah tiga unit Oblique Approach Booth atau gardu akses menyerong di Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 untuk pengguna jalan yang menuju ke arah Jatiasih Jalan Tol JORR.

Selain itu, Jasa Marga dengan diskresi dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian akan terus melakukan rekayasa lalu lintas berupa contraflow secara situasional.

“Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik Anda,” ujar Heru.

AYO BACA : Jasamarga: Tol Japek Layani 33% Pemudik

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar