Yamaha

Donald Trump Tebak Hadiah Natal dari Kim Jong-un

  Rabu, 25 Desember 2019
Pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump saat KTT pertama mereka di Singapura pada Juni tahun lalu. (Reuters)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mungkin berencana untuk memberinya hadiah yang bagus. Dia mencontohkan hadiah Natal tersebut seperti vas yang indah daripada peluncuran rudal.

Trump mendapatkan pertanyaan ketika berlibur di Florida, apa yang akan dia lakukan jika Korea Utara melakukan uji coba rudal jarak jauh.  "Mungkin ini adalah hadiah di mana dia mengirimiku vas yang indah sebagai lawan dari tes rudal," kata Trump.

AYO BACA : Donald Trump dan Kim Jong Un Menandatangani Dokumen Penting

Korut telah mengancam akan mengambil tindakan yang tidak terduga jika sanksi yang diberikan tidak dicabut pada akhir tahun ini. Spekulasi telah berpusat pada kemungkinan uji coba rudal baru, mungkin rudal balistik antarbenua yang mampu memberikan hulu ledak nuklir.

Pyongyang menyatakan, akan mengirim hadiah Natal untuk AS. Sifat hadiah yang akan diberikan akan bergantung pada tindakan Washington yang akan diberikan.

AYO BACA : Hadiri KTT dengan Trump, Mengapa Kim Jong-un Pilih Gunakan Kereta?

"Aku mungkin mendapat hadiah bagus darinya. Kamu tidak tahu. Kamu tak pernah tahu," kata Trump.

Pembicaraan nuklir antara AS dan Korut telah terhenti sejak pertemuan puncak  Februari yang berantakan antara Trump dan Kim. Bahkan, citra satelit baru dari sebuah pabrik tempat Korut membuat peralatan militer untuk meluncurkan rudal jarak jauh menunjukkan pembangunan struktur baru.

Di New York, juru bicara Perserikatan Bangsa-Bangsa Stephane Dujarric ditanya apakah Sekretaris Jenderal Perserikatan Antonio Guterres memiliki pesan untuk Kim tentang "hadiah Natal." Dia menyatakan, Korut harus ikut terlibat dalam perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, serta melanjutkan pembicaran dengan AS.

"Keterlibatan diplomatik adalah satu-satunya jalan menuju perdamaian berkelanjutan dan denuklirisasi lengkap dan denuklirisasi Semenanjung Korea yang dapat diverifikasi," kata Dujarric. 

AYO BACA : Tangan Donald Trump untuk Bahu Kim Jong Un di Pertemuan Bersejarah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE