Yamaha

Polisi Sosialisasikan Keselamatan di Tol Cipali

  Sabtu, 21 Desember 2019   Faqih Rohman Syafei
Sejumlah anggota polisi sedang Polisi melakukan sosialisasi keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di rest area Tol Cipali Km 102. (Dokumen Humas Polda Jawa Barat)

SUBANG, AYOBANDUNG.COM -- Polisi melakukan sosialisasi keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibacar) di rest area Tol Cipali Km 102. Hal ini sebagai antisipasi menekan kecelakaan lalu lintas.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga mengatakan sosialisasi ini menyasar pengemudi dan penumpang bus yang sedang beristirahat di rest area. Tujuannya, untuk menekan kelalaian dalam berkendara yang dapat menyebabkan kecelakaan.

"Kegiatan ini dalam rangka Ops Lilin Lodaya 2019, untuk mengantisipasi human error pada arus Mudik Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) serta untuk menekan fatalitas Laka Lantas," ujarnya, Sabtu (21/12/2019).

AYO BACA : Sambut Libur Nataru, Pengelola Tol Cipali Berlakukan Sistem Satu Arah

Selain itu, dia menyebutkan personel juga mengajak sopir dan penumpang bus melakukan peregangan atau senam kebugaran. Hal ini untuk mencegah kantuk dan lelah selama perjalanan.

"Senam kebugaran (peregangan) diharapkan sopir maupun penumpang dapat melanjutkan perjalanannya dengan tubuh yang bugar kembali," katanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Eddy Djunaedi mengatakan pihaknya menyiagakan sejumla personel untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang beristirahat di rest area.

AYO BACA : Banyak Titik Rawan di Tol Cipali, Pengemudi Diimbau Tak Paksakan Diri

"Ditlantas Polda Jabar beserta jajaran juga menyediakan pelayanan kopi gratis bagi masyarakat ketika beristirahat di rest area," ucapnya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk beristirahat di rest area terdekat jika lelah dan mengantuk. Imbauan ini dimaksudkan untuk menekan angka kecelekaan yang banyak disebabkan karena kantuk dan lelah.

"Kecelakaan banyak disebabkan karena pengemudi mengantuk, Lelah dan sampai pada titik jenuh, sehingga perlu istirahat sejenak dan melakukan peregangan, sehingga segar kembali. Hal ini juga mendorong agar masyarakat menjadi pelopor keselamatan," katanya.



 

AYO BACA : Polda Jabar: Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar