Yamaha

Lepas Kevin, Persib Dituntut Cari Second Stiker Agresif

  Kamis, 19 Desember 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Yudi Guntara menilai Persib harus mencari second stiker Agresif untuk Liga 1 2020. (Ayobandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bursa transfer mulai memanas di Persib Bandung meski kompetisi Liga 1 2019 belum selesai. Sejauh ini nama striker asal Belanda, Kevin van Kippersluis, dipastikan tercoret untuk menjadi skuat Maung Bandung di Liga 1 2020. 

Sebelum dipastikan tak berseragam Pangeran Biru di musim depan, Kevin memang sudah diparkir sejak pekan ke-32, saat melawan Borneo FC. Pertandingan melawan PSS Sleman pun menjadi pertandingan terakhir Kevin bersama Maung Bandung musim ini.

Mantan pemain sekaligus legenda Persib Bandung era 1994-1955, Yudi Guntara, menilai pilihan Persib melepas Kevin merupakan keputusan Tepat. Sebelumnya, manajemen dan pelatih sepakat tak memperpanjang Kevin karena peformanya yang jauh dari harapan. 

AYO BACA : Lupakan Posisi Runner Up, Persib Pilih Fokus Lawan PSM Makassar

Sejak didatangkan di putaran kedua, Kevin dinilai minim kontribusi untuk tim. Diketahui, pemain berusia 27 tahun itu hanya mampu mencetak dua gol dari 14 kali penampilannya.

"Hadirnya Omid, Nick, dan Kevin peforma tim bagus putaran kedua. Mereka bisa menyesuaikan dengan tim, tapi sampai mau selesai kompetisi Kevin belum menunjukkan kualitasnya. Kita tahu sendiri pemain asing harus jadi kunci di tim," ungkap Yudi melalui sambungan telepon, Kamis (19/12/2019).

Usai Kevin dilepas, satu slot pemain asing non-Asia kosong. Sejumlah sosok yang digadang-gadang tepat mengganti Kevin pun mulai muncul kepermukaan. Bahkan santer beredar nama Yevhen Bokhashvili, hingga isu kembalinya sang mantan, Jonathan Bauman atau Makan Konate, semakin memanaskan rumor pemain anyar di tubuh skuat Pangeran Biru.

AYO BACA : Pertajam Lini Depan Jadi PR Persib Bandung di 2020

Namun, Yudi mengatakan, pemain yang menjadi pengganti Kevin nanti setidaknya harus memiliki kualitas seperti Jonathan Bauman. Di musim 2018, Bauman memang menjadi tandem klop lini depan bersama bomber andalan Persib saat ini, Ezechiel Ndoassel. 

Karena itu, Yudi menilai, pemain yang kelak menjadi pengganti Kevin minimal harus memiliki agresivitas dan tajam sebagai pengatur serangan. 

"Pada skuat ini bagus dengan catatan pemain asingnya direkrut harus sama kualitasnya Bauman. Pemain agresif dan kuat pegang bola, pelatih lebih tahu. Contohnya Makan Konate, Renan Silva, bisa kayak gitu. Kalau Pluim mah lebih ke pengatur serangan seperti Omid. Diperlukan Second strikernya," ujarnya.

Di sisi lain, Liga 1 musim 2019 tinggal menyisakan satu pertandingan. Persib dijadwalkan menjamu PSM Makasar dalam laga pamungkas tersebut. Pertandingan pekan ke-44 itu akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (22/12/2019) sore.

AYO BACA : Kontra Semen Padang, Yudi Guntara: Persib Jangan Kalah Motivasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar