Yamaha

Tren Bencana Alam di Jabar Meningkat Tiap Akhir Tahun

  Rabu, 18 Desember 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi longsor. (Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- BPBD Jawa Barat (Jabar) mencatat bencana alam yang terjadi wilayahnya masih didominasi oleh longsor dan banjir. Bahkan jelang akhir tahun, tren kedua bencana itu semakin meningkat.

"Berdasarkan analisis, memang pada akhir tahun jumlah bencana alam di Jawa Barat selalu meningkat," ujar Seksi Rehabilitasi BPBD Jabar Adwin Singarimbun saat dihubungi, Rabu (18/12/2019).

Adwin mengatakan, wilayah tengah dan selatan Jabar kerap dihantui bencana alam longsor. Pasalnya, di wilayah tersebut kondisi geografisnya yang berupa pegunungan dan perbukitan.

AYO BACA : Tinjau Banjir, Pangdam Klaim Kolam Retensi Berfungsi Baik

"Daerah pegunungan dan perbukitan hanya tersebar di bagian tengah dan selatan. Di titik-titik itu kita harus lebih waspada," katanya.

Sedangkan wilayah utara dan sebagian tengah Jabar, bencana alam yang kerap terjadi setiap tahunnya berupa banjir. Wilayah itu, kata dia, dilintasi sungai besar seperti Citarum dan Ciliwung.

"Daerah rawan banjir itu tersebar di beberapa titik, seperti kawasan bagian tengah dan utara karena di situ memang terdapat banyak sungai," tuturnya.

AYO BACA : Longsor Soreang, Warga Diminta Cari Tempat Aman

Adwin mengimbau, masyarakat Jabar untuk selalu waspada akan bencana alam. Berbagai upaya pencegahan juga, lanjutnya, terus dilakukan oleh BPBD Jabar untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Untuk di wilayah rawan longsor, masyarakat diimbau selalu memperhatikan kondisi tanah terlebih di lereng-lereng gunung. Sedangkan di wilayah rawan banjir dengan rutin membersihkan sampah yang ada di saluran air.

"Cek juga tanggul-tanggul sungai, dan pastikan jika kondisi tanggul sungai masih dalam kondisi kuat," ucapnya.

Dia menambahkan, apabila masyarakat sudah melihat tanda-tanda bencana alam, maka diharapkan segera melaporkannya kepada petugas BPBD atau instansi terkait lainnya. Langkah preventif, misalnya laporan dini, dapat mencegah timbulnya korban.

"Masyarakat jika khawatir daerahnya akan terjadi bencana segera laporkan pada kami, atau petugas. Bisa melapor via website, atau langsung saja temui petugas BPBD di daerah masing-masing," katanya.

AYO BACA : Polda Jabar Bersiap Hadapi Ancaman Bencana Alam

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar