Yamaha

Persib Putri Bakal Hadapi Tira Persikabo di Final Liga 1 2019

  Selasa, 17 Desember 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Skuat Persib Putri. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- PSSI telah memutuskan lawan untuk Persib Putri di babak final Liga 1 Putri 2019. Skuat berjuluk Putri Biru itu bakal berhadapan dengan Tira Persikabo Putri untuk memperebutkan gelar juara di partai puncak Liga 1 Putri 2019.

Sebelumnya, semifinal kompetisi yang telah berlangsung pada 1 dan 7 Desember 2019 itu belum bisa ditentukan siapa pemenangnya. Pasalnya, leg 2 semifinal tidak berlangsung hingga tuntas.

Kala itu, skor tercatat 2-1 untuk kemenangan Tira di waktu normal. Hasil itu membuat skor agregat menjadi 6-6 lantaran di leg 1 Persipura menang 5-4.

Jika mengacu pada surat PSSI nomor 5308/AGB/1641/XII-2019 tertanggal 4 Desember 2019 terkait regulasi Liga 1 Putri, seharusnya pertandingan leg 2 dilanjutkan dengan adu penalti.

Namun, pihak Persipura menolak melanjutkan laga karena merasa unggul gol tandang. Sikap Persipura itu akhirnya dihukum oleh Komdisi berupa kekalahan 0-3.

Komite Disiplin PSSI menyatakan tim Persipura telah melanggar pasal 13 ayat (1) jo, pasal 67 ayat (2) Regulasi Liga 1 Putri 2018. Artinya, Tira unggul agregat 7-5 dan berhak melaju ke final bertemu dengan Persib Putri.

Terlepas dari sengarut keputusan tersebut, pelatih Persib Putri Iwan Bastian merasa lega karena laga final Liga 1 Putri sudah mendapat titik terang. Di babak semi final sebelumnya sempat tidak ada kejelasan tentang siapa pemenang laga Persipura kontra Tira Persikabo Putri

Pelatih yang karib disapa Ibas itu mengatakan, di babak final nanti tim Putri Biru siap berjumpa Tira Kabo Kartini. Diketahui, babak final yang akan digelar dalam dua kali pertemuan atau 2 leg ini, Persib Putri akan memainkan laga sebagai tuan rumah terlebih dahulu.

Skuat Putri Biru ini akan memainkan leg 1, Minggu (22/12/2019) di Bandung. Sedangkan, leg kedua akan dihelat sepekan kemudian di Bogor, tepatnya pada Sabtu (28/12/2019).

"Akhirnya ada kabar ya, kalau kita lawan Tira. Jadwal tetap leg 1 22 (Desember), leg 2 28 (Desember), tempat di Bandung dulu. Kurang tahu kalau (menggunakan Stadion) Jalak atau bukan ya," ungkap Ibas melalui sambungan telepon, Selasa (17/12/2019).

Sementara itu, Ibas mengakui, pertemuan ini tentunya bukan pertemuan pertama antara Persib Putri dan Tira Persikabo Putri. Kedua tim berada dalam satu grup (Grup A) ketika babak penyisihan dan telah bertemu empat kali. 

Dari empat kali pertemuan, statistik lebih berpihak kepada Siti Latipah Nurul Inayah cs. Dari data head to head, Persib Putri mampu meraih satu kemenangan dan sisanya berakhir imbang.

"Masing masing tahu kelemahan dan kelebihannya. Kalau istilahnya  saya sama Persipura kan sama-sama belum pernah ketemu. (Tapi sama Tira) udah sama-sama saling tahu, dari empat seri udah ketemu. Kita dari empat kali ketemu satu kali menang tiga kali seri," lanjutnya.

Disinggung kekuatan calon lawannya itu, Ibas mengakui, Tira Persikabo Putri dihuni sejumlah pemain berkualitas. Bahkan delapan di antaranya merupakan pemain di tim Jabar untuk pra-PON 2020.

"Kalau Tira yang diwaspadai ada beberapa pemain. Di tim pra-PON Jabar ini ada Tira delapan pemain. Tapi tetap kita tidak akan ubah strategi karena bagi kita yang penting cara main kita. Yang penting kita siap, yang penting kita main kerja keras. Tren positif kita lawan Tira tetap terjaga. Target menang, Insyaallah," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar