Yamaha

Mekari Genjot Pertumbuhan UMKM Melalui Teknologi Digital

  Selasa, 17 Desember 2019   Fira Nursyabani
Chief Commercial Officer (CCO) Mekari, Sandy Suryanto. (Ayobandung.com/Adi Ginanjar Maulana)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam beberapa tahun belakangan Bandung telah menjadi salah satu kota paling menarik di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari jumlah pengusaha dan perusahaan rintisan yang meningkat pesat.

Di Bandung, keberadaan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) pun membawa pengaruh yang cukup tinggi. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung Atet Dedi Handiman mengatakan, UMKM Bandung menyumbang sebanyak 80% terhadap produk domestik bruto (PDB) Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial pun menyampaikan, pengembangan UMKM tidak lagi sekedar formalitas dan menjadi komoditas, tetapi juga harus menjadi identitas lokal Indonesia. Indonesia telah memasuki era revolusi industri 4.0.

AYO BACA : UMKM Jabar Diharapkan Mengarah ke Digitalisasi

Di era ini, kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama untuk bisa memenangkan persaingan. Hal ini berlaku di segala sektor terutama sektor bisnis yang digeluti oleh pelaku UMKM di tanah air.

Di satu sisi, ini bisa menjadi tantangan bagi pelaku bisnis UMKM untuk bisa mengembangkan produknya agar bisa bersaing. Pemanfaatan teknologi saat ini oleh pelaku UMKM Indonesia masih terbatas pada aktivitas pemasaran, seperti penggunaan media sosial maupun website

Di sinilah Mekari hadir untuk membantu memberikan solusi teknologi kepada UMKM di bidang pengelolaan sumber daya manusia dan finansial. Adopsi teknologi di area tersebut akan mengoptimalkan proses bisnis sehingga biaya lebih efisien serta produktivitas karyawan maupun bisnis meningkat.

AYO BACA : Presiden Jokowi Minta UMKM Dilibatkan dalam Proyek Infrastruktur

"Komitmen Mekari membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis UMKM di Kota Bandung sudah dimulai 2019, hadir untuk membantu proses edukasi para pelaku bisnis go digital den memanfaatkan teknologi, serta memberikan solusi praktis bagi perkembangan bisnis mereka," ujar Chief Commercial Officer (CCO) Mekari, Sandy Suryanto.

Entrepreneur dan UMKM kini dapat langsung berkunjung ke kantor representatif Mekari di Jalan Cikawao No 51 c. Selama Desember, warga Bandung juga dapat mengunjungi booth Mekari di mall 23 Paskal G pada 9-29 Desember 2019 untuk mendapatkan pengalaman langsung keunggulan dari produk Mekari, yaitu Talenta dan Jurnal.

Penawaran istimewa untuk software HR Talenta gratis berlangganan 2 bulan dan diskon 35% untuk software akutansi, Jurnal. Tidak hanya itu, Insight Talenta, seminar yang telah sukses dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, dan Medan juga akan hadir di kota Bandung dengan mengulas topik HR di berbagai industri.

Pada Selasa (17/12/2019), seminar akan mengangkat topik "Strategi Bisnis F&B 2020: Optimalisasi Manajemen Karyawan dengan Teknologi." Pada Rabu (18/12/2019), seminar akan mengangkat topik "2020 Outlook, Tantangan Bisnis Hospitality Dalam Manajemen Organisasi".

Seminar ini tidak dipungut biaya apapun. Peserta cukup melakukan pendaftaran online di laman talenta.co/insightbandung-fnb dan talenta.co/insightbandung-hospitalty.

"Kami ingin lebih dekat dengan semua elemen di kota Bandung, pebisnis, UMKM, pemerintah, media, komunitas. Berkobalorasi adalah senjata kami kedepan guna meningkatkan kapasitas bisnis UMKM dan industri di kota Bandung dan tentunya hal ini juga menjadi bagian dari strategi Mekari sebagai platform bisnis yang memanfaatkan teknologi digital dalam pengelolaan sumber daya manusia, keuangan dan pemaiakan," jelas Sandy.

AYO BACA : UMKM Cimahi: Manfaatkan Ayam Filet Jadi Abon dan Gepuk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar