Yamaha

3.116 CPNS Cimahi Lolos Seleksi Administrasi

  Selasa, 17 Desember 2019   Tri Junari
Ilustrasi tes CPNS. (setkab.go.id)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 208 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Cimahi tercatat tidak lolos dalam tahap seleksi administrasi yang baru saja diumumkan pada Senin (16/17/2019) malam. Sedangkan pelamar yang lolos seleksi administrasi mencapai 3.116 orang.

Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai pada Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi, Jamaludin menerangkan, kebanyakan yang tidak lolos dalam seleksi administrasi atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS) karena bermasalah dengan ijazah yang tidak linier.

"Terus surat lamaran ditujukan bukan ke kepala daerah/Pemkot cimahi. Ada juga foto tidak berlatar warna sesuai yang disyaratkan hingga surat lamaran tidak bermaterai," jelasnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (17/12/2019).

AYO BACA : Waspada Penipuan Penerimaan CPNS Jalur Indonesia Sehat

Namun bagi pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi masih memilili kesempatan untuk lolos agar menjadi Memenuhi Syarat (MS). Sebab, panitia membuka kesempatan lewat masa sanggah yang dibuka sejak Senin (16/12/2019) pukul 23.00 WIB hingga 19 Desember mendatang.

Dalam masa sanggah itu, panitia memberikan kesempatan kepada pelamar TMS untuk melakukan klarifikasi. Jamaludin mencontohkan, pelamar merasa tidak puas dengan keputusan panitia sebab latar belakang warna fotonya tidak memenuhi syarat.

Kemudian klarifikasi yang masuk lewat fitur khusus di http://sscasn.bkn.go.id. Klarifikasi yang masuk dari pelamar yang tidak lolos karena bermasalah dengan persyaratan itu akan diverifikasi dan validasi ulang oleh panitia. Jika hasil klarifikasi dari pelamar benar, maka yang bersangkutan akan lolos menjadi Memenuhi Syarat (MS).

AYO BACA : Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kota Bogor Sudah Diumumkan

"Jadi tim verifikasi dan validasi akan mencermati semua yang disampaikan oleh pelamar dan akan mengabulkan atau mengoreksi kembali verifikasi yang keliru untuk kemudian di sahkan menjadi pelamar yang memenuhi syarat (lolos seleksi administrasi," jelas Jamaludin.

Namun, lanjut Jamaludin, pelamar yang tidak lolos tahapan seleksi administrasi kemarin tidak bisa mengubah persyaratan yang sudah diputuskan. Sebab seluruh dokumen persyaratan yang masuk sudah dikunci. 

"Dokumen gak bisa diubah. Masa sanggah hanya untuk TMS yang merasa persyaratannya benar tapi tidak diloloskan," tegasnya.

Pengumuman hasil seleksi administrasi masa sanggah akan umumkan kembali pada 26 Desember mendatang pukul 23.00 WIB melalui https://cimahikota.go.id dan http://bkpsdmd.cimahikota.go.id.

AYO BACA : Ini Jadwal Acuan Tahapan Seleksi CPNS 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar