Yamaha

Soal OTT di Bandung Barat, Hengky: Biar ASN Kapok

  Minggu, 15 Desember 2019   Tri Junari
Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM --Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Hengky Kurniawan prihatin mendengar adanya pejabat di Lingkungan Pemerintah KBB yang ditangkap Polda Jawa Barat. Penangkapan itu dilakukan pada operasi tangkap tangan (OTT) Jumat (13/12/2019).

"Ini menjadi teguran bagi ASN yang lain, biar kapok, kita sudah beberapa kali OTT. Tentunya saya sangat prihatin," ujar Hengky saat dihubungi, Minggu (15/12/2019).

Hengky mengatakan, oknum pegawai yang diamankan polisi tersandung kasus tindak pidana Korupsi perekrutan Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di lingkungan Pemkab.

Hengky mengakui banyak informasi diterimanya berkaitan praktek percaloan TKK. Hal ini meresahkan dia dan Bupati Bandung Barat Aa Umbara.

"Masalah TKK dari awal kami dilantik sudah cukup meresahkan, banyak oknum yang bermain. Korban bukan hanya satu atau dua, tapi mungkin lebih. Hanya saja mereka tidak berani melapor, karena mungkin sudah menyetor sejumlah uang," ujar Hengky.

Ia pun menyayangkan pola pikir di sebagian masyarakat yang beranggapan bisa masuk kerja dengan menyetor sejumlah uang. 

"Misal mereka harus setor Rp20 juta-Rp40juta, lebih baik untuk usaha. Karena ada beberapa cerita kalau TKK itu tidak tergaji karena dinas tak menganggarkan di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA)," katanya.

Apalagi, ujar Hengky, Bupati Aa Umbara sudah menyetop perekrutan TKK pada pertengahan tahun ini dan dikurangi sampai nol secara bertahap pada 2023 mendatang.

"Masyarakat jangan terlalu percaya dengan oknum yang menawarkan pekerjaan apalagi menjual nama bupati atau wakil bupati, karena kalau dari pemerintah sesuai dengan kebutuhan masing-masing," ujarnya.

Hengky juga mengapresiasi langkah aparat penegak hukum yang telah menangkap oknum PNS yang bermain. Ia pun berharap aparat bisa memberantas oknum yang terlibat dalam kasus ini. 

"APH bisa masuk dan melakukan pemeriksaan mendalam supaya clear dan tidak menjadi sangkaan yang negatif. Apalagi kemarin kita rayakan Hari Anti Korupsi, kita apresiasi tugas dari APH," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar