Yamaha

Ular Kobra Jawa Paling Sering Ditemukan di Bekasi

  Minggu, 15 Desember 2019   Firda Puri Agustine
Ilustrasi (republika)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Peralihan cuaca dari panas ke hujan membuat suhu udara menjadi lembap. Kondisi inilah yang menjadi waktu tepat bagi ular untuk menetaskan telur dan muncul di pemukiman rumah warga.

Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Diky Sapta Aji mengungkapkan bahwa ular jenis kobra jawa adalah yang paling sering ditemukan di wilayah Jawa Barat, termasuk Bekasi.

“Walaupun ada juga jenis ular lain kayak ular air sama welang. Kebanyakan (yang ditemukan) kobra jawa. Bukan king kobra,” kata Diky saat dihubungi Ayobekasi.net, Minggu (15/12/2019).

Dia menjelaskan, ada perbedaan dari kedua jenis kobra tersebut. Baik dari segi pergerakan, karakter, maupun sifat bisa-nya. Meski sama-sama mematikan, bahaya bisa ular kobra jawa dan king kobra punya ciri yang lain.

“Sama-sama berbisa, tapi beda ada di agresivitasnya. King kobra jelas lebih agresif dan bisa langsung mematikan saat itu juga,” ujarnya.

Diky meminta warga untuk lebih peduli pada kebersihan lingkungan, baik di luar maupun dalam rumah. Salah satu yang jadi perhatian adalah cara menyimpan sepatu.

“Sepatu juga perlu diperhatikan karena ular suka sekali ngumpet di situ. Kalau bisa jangan asal taruh sepatu di luar atau teras rumah,” kata Diky.

Hewan melata, khususnya ular disebut gemar bersembunyi di tempat-tempat yang gelap, lembap, dan tidak terjangkau manusia. Terutama pada saat menetaskan telur-telurnya. Hal inilah yang perlu diwaspadai agar tidak mengganggu, bahkan mengancam nyawa.

Diky mengungkapkan, tidak hanya hewan jenis ular saja, tapi binatang melata lain seperti kadal dan biawak jadi cukup sering ditemukan. Dan, itu merupakan sesuatu yang wajar di kondisi udara lembap seperti sekarang.

“Kalau menemukan ada ular, jangan main tangkap karena berbahaya. Bisanya mematikan. Lebih baik hubungi kami atau petugas Damkar untuk mengevakuasi ular itu,” ujarnya.

Penemuan ular kobra beberapa kali terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi belum lama ini. Terbaru, terlihat  di dalam rumah warga Perumahan Bekasi Regency 2, Wanasari, Cibitung, Sabtu (14/12/2019) sore. Namun, belum berhasil ditangkap karena masuk lubang di bawah keramik.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar