Yamaha

DPRD Jabar Dukung Situs Gunung Padang Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

  Jumat, 13 Desember 2019   Fira Nursyabani
DPRD Provinsi Jawa Barat saat mengunjungi situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, Kamis (12/12/2019). (Dok. DPRD Jabar)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat siap mendukung pembangunan Situs Megalitikum Gunung Padang di Kabupaten Cianjur menjadi salah satu destinasi unggulan di Jawa Barat. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ade Barkah Surachman menyatakan, pihaknya siap menggelontorkan anggaran untuk mendongkrak potensi Situs Gunung Padang menjadi destinasi wisata bertaraf internasional. 

“Seluruh fraksi di DPRD Provinsi Jawa Barat yang hadir saat ini, sepakat bahwa Situs Gunung Padang ini harus terus dibangun dengan maksimal tanpa harus menghitung peraturan-peraturan yang tumpang tindih,” ucap Ade kepada wartawan di sela agenda Citra Bakti DPRD Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Kabupaten Cianjur, Kamis (12/12/2019). 

AYO BACA : Waduh, DPRD Jabar Tantang Pemkab Cianjur Soal Gunung Padang

Ade menambahkan, menurut informasi yang didapatnya saat ini terdapat aturan yang mengharuskan pembangunan Situs Gunung Padang berada di pemerintah pusat, dan ada pula peraturan yang merupakan wewenang kabupaten. 

“Kita membuat terobosan bahwa provinsi menyanggupi untuk membangun sampai mana.Tadi ada tantangan dari kawan kita kepada Pemerintah Cianjur butuh berapa dana untuk membuat Situs Gunung Padang ini menjadi ramai,” katanya. 

Ia menambahkan, ke depan Situs Megalitikum Gunung Padang akan menjadi destinasi unggulan karena didukung dengan insfrastrukur dan aksesibilitas yang mumpuni. 

AYO BACA : Penahan Longsor Dibuat di Situs Gunung Padang, Ada Apa?

“Nanti kan ada akses tol Sukabumi-Bandung, kemudian kereta Sukabumi-Cianjur-Bandung, Jalur Puncak 2 yang akan mendukung aksesbilitas pariwasata di Cianjur akan semakin ramai,” ujarnya. 

Ia pun optimistis, setelah Situs Gunung Padang menjadi destinasi unggulan akan mengangkat wisata-wisata penunjang lainnya. 

“Kita mau tidak mau harus memacu bahwa Gunung Padang menjadi induk pariwisata baru di Cianjur, karena ketika Situs Gunung Padang diminati banyak wisatawan maka akan wisata-wisata penunjang yang lainnya,” katanya. 

Lebih lanjut Ade menyebut, Pemdaprov Jabar tahun ini telah menggelontorkan anggaran untuk pembebasan 11 hektare lahan di Situs Gunung Padang. Oleh karena itu pihaknya meminta kepada stakeholder terkait untuk segera mempersiapkan DED yang terbaik sebagai upaya mempersiapkan Situs Gunung Padang sebagai destinasi wisata unggulan. 

“Kalau bisa jangan setengah-setengah (DED), kita siapkan dananya,” ungkapnya. 

Citra Bakti merupakan agenda tahunan DPRD Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk melakukan pengawasan terhadap program-program yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selain melakukan pengawasan terhadap program, dalam Citra Bakti pun dilakukan penyerapan aspirasi secara kelembagaan Pemerintah Kabupatren/Kota untuk selanjutkan dilaporkan serta diusulkan kepada Pemerintah Provinsi.

AYO BACA : Genjot Jumlah Wisatawan, Pemkab Cianjur Aktifkan Kereta ke Gunung Padang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar