Yamaha

Setelah Bogor dan Bekasi, Kini Belasan Ular Kobra Muncul di Purwakarta

  Kamis, 12 Desember 2019   Dede Nurhasanudin
Belasan anak ular kobra yang ditemukan di salah satu rumah warga daerah Purwakarta. (Dok. DPKPB Kabupaten Purwakarta)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Setelah warga di Citayam Bogor atau sekitar Stadion Wibawa Mukti Bekasi resah dengan kemunculan ular jenis kobra, kini ular itu diwasdapai berkeliaran bebas di Kabupaten Purwakarta.

Hal itu didasari dengan ditemukannya belasan anak ular kobra di salah satu rumah warga di Kampung Baru RT/RW 49/05, Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta pada Kamis (12/12/2019) sore.

AYO BACA : Demi Menangkap Si Kobra, Camat Bojonggede Sewa Tukang Fogging

"Anak ular kobra semuanya ada 13 berhasil ditangkap team reaksi cepat,” ungkap kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono.

Dia mengatakan, ular berbisa itu muncul di perumahan penduduk sehingga sempat membuat warga khawatir. Proses evakuasi belasan anak ular kobra cukup memakan waktu karena bersembunyi di antara barang-barang di dalam rumah.

AYO BACA : Kronologi Penemuan Kobra di Gelanggang Renang Stadion Wibawa Mukti

Meski begitu, semua anak kobra tersebut akhirnya bisa dievakuasi dan berhasil diamankan petugas.

“Ular kobra yang diamankan sebagian besar memiliki panjang sekitar 10 cm hingga 15 cm,” kata dia.

Menurutnya, bermunculanannya ular di permukiman warga diduga karena dampak pergantian musim kemarau ke musim penghujan. Umumnya anak-anak ular yang baru menetas dari telur kemudian secara alami akan pergi ke alam bebas.

Terlepas dari hal itu, Wibi pun mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai peralihan musim dengan lebih tertib menjaga rumahnya. "Pastikan kondisi rumah dalam keadaan rapat, sehingga ular atau pun hewan lainnya tidak bisa masuk ke dalam rumah," ujar Wibi.

AYO BACA : Kobra Tak Mempan dengan Garam, Warga Bojonggede Beralih ke Kapur Barus

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar