Yamaha

Polda Jabar Antisipasi Kemacetan Kendaraan di Jalan Tol saat Nataru

  Rabu, 11 Desember 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi kemacetan di Jalan Tol. (istimewa)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Dit Lantas Polda Jawa Barat telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi mengatasi kepadatan volume kendaraan saat natal dan tahun baru.

Dir Lantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan upaya antisipasi terjadinya kepadatan di jalan tol pada musim libur akhir tahun, pihaknya akan melakukan berbagai rekayasa lalu lintas.

AYO BACA : Kapolda Jabar Cek Tol Jakarta-Cikampek Elevated untuk Nataru

"Cara bertindak pengalihan arus, apabila sudah telihat kepadatan akan dialihkan ke luar ke arteri," ujarnya di Mapolda Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Jika kepadatan terjadi di rest area, kata dia pihaknya akan memecah kepadatan tersebut dengan melakukan contraflow. Sehingga secara berangsur kepadatan dapat terurai.

AYO BACA : Polda Jabar Sudah Deteksi Kerawanan pada Nataru

"Pamungkasnya kita akan menggunakan one way. Ini sangat situasional sekali, kita lihat dinamika arus yang datang baik pada saat ke timur maupun pada saat balik ke barat," tuturnya.

Dia menjelaskan terkait kewenangan rekayasa arus dan contraflow ada di Sat Lantas jajaran namun dengan seizin Kapolda Jawa Barat. Sedangkan one way di atas perintah Kakorlantas.

"Kewenangan pengalihan arus dan contraflow itu ada di Kasat dan direktorat lalu lintas atas seizin Kapolda. Namun, one way itu kewenangan Kakorlantas," ucapnya.

Eddy menambahkan jika lelah, masyarakat disarankan untuk beristirahat di sejumlah rest area yang ada di tol. Hal tersebut guna mengembalikan konsentrasi. 

"Maka saya minta pengguna tol bisa untuk istirahat, jangan paksakan kemudikan kendaraan sehingga terjadi hal-hal yang bisa membuat Laka Lantas, istirahatlah di rest area jangan istirahat di bahu jalan sehingga ganggu perjalanan," katanya.

AYO BACA : Banyak Titik Rawan di Tol Cipali, Pengemudi Diimbau Tak Paksakan Diri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar