Yamaha

ACT Resmikan Lumbung Ternak Wakaf di Kabupaten Tasik

  Rabu, 11 Desember 2019   Irpan Wahab Muslim
Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan Lumbung Ternak Wakaf di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (11/12/2019). (Ayotasik.com/Irpan Wahab Muslim)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meresmikan Lumbung Ternak Wakaf di Desa Cintabodas, Kecamatan Culamega, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (11/12/2019).

Peresmian tersebut dilakukan Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, berikut dihadiri sejumlah tokoh masyarakat setempat dari Desa Cintabodas serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

AYO BACA : ACT Upayakan Bantu Guru Pra-Sejahtera Jawa Barat

Ahyudin mengatakan, ternak memiliki nilai stategis bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Dari sisi sosial, tradisi kuktural, acara keagamaan, dan ekonomi, ternak memegang peranan penting.

Secara kultural, ternak masih dianggap sebagai tambahan atau tabungan pada saat ada keperluan yang besar. Namun dengan pengelolaan ternak yang lebih profesional, ternak memiliki peranan penting bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

AYO BACA : Harbolnas, ACT Ajak Masyarakat Berbagi Kebahagiaan

Program Lumbung Ternak Wakaf ini, bertujuan untuk meningkafkan peternak melalui sistem agrobisnis peternakan berbasis wakaf menuju kedaulatan pangan nasional, kata Ahyudin.

Ditambahkan Ahyudin, Lumbung Ternak Wakaf menggunakan model filantropi baru melalui wakaf sebagai investasi produktif yang hasilnya terus berputar. Hasil pengelolaan wakaf digunakan untuk membangun dan mengembangkan kesejahteraan peternak agar lebih produktif dan mandiri.

Di Lumbung Ternak Wakaf itu, kata Ahyudin, ada beberapa fungsi di antaranya pembibitan ternak, pusat penggemukan ternak, dan pusat edukasi.

Ada lebih dari 700 warga yang dilibatkan dengan gaji di atas UMR. Dengan kehadiran lumbung ini, kehidupan masyarakat di sini jadi meningkat. Saat ini ada setidaknya 5.000 ekor domba yang merupakan bibit unggul, ucapnya.

AYO BACA : Penghujung Kemarau, Global Wakaf-ACT Hadiahkan Warga Sumur Wakaf

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar