Yamaha

Produk Unik Mahasiswi Unpad, Sol Tempel Antibau Kaki

  Selasa, 10 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Sol Tempel Anti Bau Kaki buatan mahasiswa Unpad. (Dok. Dede Putri Sriyani)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Berawal dari permasalahan pribadi, mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis Universitas Padjadjaran, Dede Putri Sriyani tergerak untuk mengembangkan produk anti bau kaki. Namun, dia terlebih dahulu membuat riset pribadi mengenai banyak atau tidaknya warga yang mengalami hal serupa.

Hasilnya, dari 200 orang responden yang diteliti Dede, 80% di antaranya pernah mengalami bau kaki. Selain itu, dia mengatakan, dari salah satu hasil studi di Amerika Serikat yang dipelajarinya, dari total 1.021 responden, sebanyak 7 dari 10 orang di antaranya mengalami masalah serupa.

"Ternyata yang mengalami bau kaki cukup banyak," ungkapnya pada Ayobandung.com belum lama ini.

Untuk itulah dirinya kemudian membentuk tim yang terdiri dari mahasiswi Administrasi Bisnis dan Kimia dalam mengembangkan produk anti bau kaki sejak 2017. Produk tersebut berbentuk patch atau lembaran sol kecil yang dapat ditempel di atas sol sepatu ataupun di bawah telapak kaki sebelum mengenakan kaus kaki.

Lembaran sol tersebut memiliki kandungan menthol, alkohol patchouli, minyak asiri, dan campuran pewangi. Fungsinya adalah untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau kaki, memberi rasa segar hingga mengurangi pegal.

AYO BACA : Inovasi Alumni Unpad Ubah Telur Asin Jadi Aneka Rasa

"Produknya dinamai PeDe atau Perfect Deodorizer, produk seperti ini belum pernah ada sebelumnya. Sekarang sudah ada empat varian aroma; lavender, jasmine, orange, dan lemongrass," jelasnya.

Dede menyebutkan, sol tersebut dibuat dengan teknologi distilasi. Hal yang membuat produk tersebut mengurangi bau kaki di antaranya adalah sifatnya yang menyerap keringat dan antibakteri.

"Dibuatnya di laboratorium Unpad, hampir mirip insole sepatu tapi bisa menyerap keringat. Produk kami sudah tersertifikasi antibakteri," ungkapnya.

IMG-20191210-WA0033
image hosting

Sol Tempel Anti Bau Kaki buatan mahasiswa Unpad. (Dok. Dede Putri Sriyani)

AYO BACA : Amorina, Produk Wirausaha Alumni Unpad Saingi Kosmetik Kekinian

Dia mengatakan, aroma yang terdapat dari PeDe dapat bertahan selama 2 hingga 3 minggu setelah pemakaian pertama, tergantung dari tingkat bakteri kaki masing-masing pengguna. Produk ini juga bisa dilepas-tempel ke berbagai sepatu yang berbeda.

Meskipun tidak memiliki bau kaki, Dede menyebut produk ini tetap dapat digunakan untuk memberi rasa segar dan wangi pada kaki ketika memakai sepatu.

Saat ini, PeDe telah dijual di beberapa e-commerce. Penjualannya meningkat pada 2019 dibanding tahun sebelumnya.

"Di 2018 kami menjual sekitar 700 buah, khusus untuk tahun ini saja sudah 1.500 buah (yang terjual)," jelasnya.

Selain menciptakan dan memasarkan produk inovatif, Dede dan rekan-rekannya juga berupaya memakmurkan petani lokal dengan membeli produk minyak asiri dan beberapa bahan dasar pembuat aroma PeDe pada petani yang tersebar di Jawa Barat. Mulai dari Tanjungsari, Subang, Garut, dan sebagainya.

"Tapi seluruh kegiatan produksi semua berpusat di Jatinangor," jelasnya.

AYO BACA : Mahasiswa Unpad Kembangkan Nasi Bawang Dayak Antidiabetes

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar