Yamaha

Ini Ancaman Ari Askhara kepada Pramugara-Pramugari Garuda Indonesia

  Senin, 09 Desember 2019
Logo Garuda Indonesia. (Ist)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Eks Direktur Utama Garuda Ari Askhara disebut kerap menyalahi aturan perusahaan. Hal tersebut dinyatakan Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia alias IKAGI Zaenal Muttaqin.

Zaenal menuturkan, pramugara dan pramugari diminta bekerja sampai 18 jam untuk penerbangan luar negeri. Jadi, para pramugari yang mendapat rute internasional, diminta menempuh penerbangan pulang-pergi.

AYO BACA: Gaji Cuma UMP, Awak Kabin Garuda Indonesia Ngadu ke Erick Thohir

AYO BACA: Skandal Penyelundupan Harley, 4 Direksi Garuda Indonesia Dicopot

“Kalau tidak, pramugari juga bisa dimutasi dengan alasan tak jelas. Praktik yang sekarang ini yang masif dan sistemik di periode Pak AA (Ari Askhara). Itu semua jajaran dan bagian, imbasnya ke kami awak kabin," kata Zaenal seusai menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, di kantor kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/12/2019)..

Bahkan, kata Zaenal, jika para awak kabin melakukan hal yang tidak sesuai keinginan Ari Askhara, bisa dimutasi ke wilayah Papua.

"Dari kami hanya soal jadwal penerbangannya yang panjang tapi PP, hal lain di pegawai darat adalah kalau bertentangan dengan kebijakan akan di pindahkan ke Papua, ‘di-Papua-kan’ istilah kami,” ungkap Zaenal.

AYO BACA: Datangi Kementerian BUMN, Pramugari Garuda Curhat Kerja 18 Jam Sehari

AYO BACA: Soal Dugaan Prostitusi Pramugari, Ini Jawaban Bos Kru Kabin Garuda

Menurut dia, pemindahan atau mutasi seharusnya dilakukan dengan alasan jelas. Namun, yang terjadi selama ini dilakukan secara sepihak.

Menurutnya, para awak kabin sendiri selama ini tidak berani melakukan perlawanan. Sebab, ada dua kemungkinan jika melakukan perlawanan, yakni di-grounded (tidak ikut terbang) atau diberikan surat peringatan (SP).

AYO BACA: Mantan Pramugari Benarkan Cerita ‘Prostitusi’ di Garuda

AYO BACA: Sandiaga Uno Prihatin Petinggi Garuda Indonesia Salah Gunakan Kekuasaan

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar