Yamaha

Kuota Haji Indonesia 2020 Masih Menunggu Jawaban Arab Saudi

  Senin, 09 Desember 2019   M. Naufal Hafizh
[Ilustrasi] Kuota haji untuk Indonesia tahun 2020 masih menunggu jawaban dari Pemerintah Arab Saudi. (Ayobandung.com/Adi Ginanjar)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Kuota haji untuk Indonesia tahun 2020 masih menunggu jawaban dari Pemerintah Arab Saudi. Hal itu dikatakan Menteri Agama Fachrul Razi.

"Iya (tunggu jawaban Arab). Kalau Indonesia mau meminta tambahan 10.000 seperti yang lalu, (Pemerintah harus) mengajukan surat resmi, insyaallah akan dikaji. Saya sudah mengajukan secara resmi," kata Fachrul Razi usai melapor ke Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wapres Jakarta, Senin (9/12/2019).

AYO BACA : Kemenag Dituntut Tegakan Regulasi Terkait Travel Umrah dan Haji Ilegal

Kuota dasar jemaah haji dari Indonesia hingga saat ini berada di angka 211.000 slot, yang terbagi atas 194.000 kuota reguler dan 17.000 kuota khusus. Jumlah kuota dasar tersebut ditetapkan berdasarkan kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam tahun 1987 di Amman, Yordania.

Sementara itu, pada 2019, Pemerintah Indonesia mendapat kebijakan khusus dari Raja Salman untuk menambah kuota haji sebanyak 20.000. Dengan begitu, sehingga penyelenggaraan haji tahun ini diberikan kepada 231.000 jemaah. Pemerintah berharap penambahan kuota tersebut bisa menjadi kuota dasar jamaah haji dari Indonesia.

AYO BACA : Menikmati Nasi Jamblang Bu Haji Lili

"Kuota (dasar) tidak bisa ditambah karena itu memang keputusannya OKI, bukan keputusan sepihak dari Pemerintah Arab Saudi," ujar Menag.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar mengatakan, Pemerintah Arab Saudi mempertimbangkan usulan permintaan penambahan kuota dari Pemerintah Indonesia.

"Dari hasil pembahasan dalam Special Official Meeting dengan Wakil Menteri Haji, permintaan ini akan dipertimbangkan," kata Nizar dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Penambahan kuota haji menjadi salah satu fokus kerja Fachrul Razi mengingat jumlah antrean c jamaah calon haji dari Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Selain itu, Pemerintah juga mengajukan usulan tambahan kuota petugas haji dari 4.100 menjadi 4.200 slot.

AYO BACA : Menag Optimistis Kuota Haji Jadi 231 Ribu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar