Yamaha

Ratusan Keluarga Terimbas Banjir Kabupaten Bandung

  Sabtu, 07 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Banjir di Kamasan, Banjaran, Kabupaten Bandung, Jumat (6/12/2019).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Ratusan keluarga menjadi korban terdampak banjir yang terjadi di dua wilayah Kabupaten Bandung, yakni Desa Kamasan, Kecamatan Banjaran dan Kecamatan Kertasari pada Jumat (6/12/2019) malam. Banjir tersebut dipicu hujan deras yang terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Enjang Wahyudin mengatakan terdapat sekitar 64 keluarga yang terdampak di Kertasari. Sedangkan di wilayah Kamasan, jumlah keluarga yang terdampak sebanyak 286 keluarga.

"Banjirnya mulai terjadi saat sore hari. Malam harinya alhamdulillah sudah surut. Tidak ada warga yang mengungsi karena banjir langsung surut pada hari itu juga," jelasnya kepada Ayobandung.com, Sabtu (7/12/2019).

Enjang menyebut aktivitas warga sudaah kemnali normal selepas banjir surut. Jalan di wilayah Kamasan juga telah bisa dilalui kendaraan. Para relawan dan warga sekitar langsung bekerja bakti membersihkan sisa lumpur setelah air mulai surut.

"Untuk wilayah Kertasari, kami memberikan bantuan logistik, termasuk alat berat untuk membersihkan sisa banjir," paparnya.

Selain banjir di kedua wilayah, hujan deras juga mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di dua wilayah, yakni Jalan Cihonje-Batukarat dan Cimaung.

Dampak lainnya, berdasarkan data BPBD, terjadi longsor di wilayah Gambung tebing setinggi 10 meter yang menutupi jalan.

"Untuk hujan hari ini, kabar terkini, tinggi muka air di Citarum terpantau dari wilayah Dayeuhkolot dan Andir masih berada di titik normal," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar