Yamaha

Longsor Putus Jalur Selatan KBB-Cianjur

  Sabtu, 07 Desember 2019   Tri Junari
Jalan longsor di Gununghalu pada Jumat (6/12/2019).(Ayobandung.com/Tri Junari)

GUNUNGHALU, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras dengan intensitas tinggi selama dan durasi yang cukup lama pada Jumat (6/12/2019) sore hingga malam, mengakibatkan terjadi bencana pergerakan tanah dan tanah longsor di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Salah satu yang parah terjadi pergerakan tanah menyebabkan jalan desa penghubung Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, KBB dan Desa Sukasirna, Kecamatan Cempakamulya, Kabupaten Cianjur lumpuh akibat sebagian jalan amblas.

"Hujan yang terjadi sepanjang Jumat sore sampai malam memang sangat deras. Makanya jalan desa penghubung dua kabupaten tepatnya di Kampung Cihideung RT 01/09 Desa Bunijaya, Kecamatan Gununghalu, mengalami pergeseran dan longsor," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo didampingi petugas lapangan, Suheri, Sabtu (7/12/2019).

Duddy menyebutkan, panjang pergerakan tanah sekitar 100 meter yang juga berdampak kepada rusaknya lahan pertanian (sawah) seluas 3 hektare (Ha).

Akibat kejadian ini dua rumah warga milik Jejen (40) dihuni tiga jiwa dan Dudin (54) dihuni empat jiwa mengalami rusak ringan. Sementara tiga rumah lainnya dan satu musola kondisinya terancam.

Dua keluarga yang rumahnya rusak ringan kini masih mendiami rumah mereka, namun ketika malam dan hujan deras turun mereka mengungsi ke rumah kerabatnya. 

Ini dikarenakan pergerakan tanah yang masih terus bergerak sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan. Kondisi jalan yang terputus tersebut berdampak kepada roda perekonomian warga yang menjadi terhambat. 

"Kami sudah meminta kepada dinas terkait untuk memasang rambu peringatan, supaya warga untuk sementara waktu tidak melintas ke jalan yang mengalami pergerakan tanah dan longsor. Sementara terkait pergerakan tanah, kami akan meminta tim geologi untuk turun melakukan kajian," tuturnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar