Yamaha

Bertemu Pimpinan Media, Gubernur-Wagub Jabar Berbincang soal Pembangunan

  Jumat, 06 Desember 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Gubernur Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul bersilaturahmi dengan para pimpinan media di 18th Floor Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat (6/12/19). (Dok. Humas Provinsi Jawa Barat)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Gubernur Ridwan Kamil bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul bersilaturahmi dengan para pimpinan media di 18th Floor Trans Luxury Hotel Bandung, Jumat (6/12/19).

Pimpinan Pemdaprov Jabar dan pimpinan media berdiskusi soal progres pembangunan selama 2019 serta rencana pembangunan 2020. Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil berharap dengan desain anggaran yang murni, rancangan pembangunan Jawa Barat pada 2020 dapat maksimal.

"Tahun 2020, karena desain anggaan murni dari Saya dan Pak Uu, maka kami harapkan program- program bisa berjalan dengan maksimal," kata Gubernur yang akrab disapa Emil, tertulis dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com.

Dia mengatakan, pada tahun pertama masa kepemimpinannya bersama Uu, pihaknya melakukan berbagai adaptasi sehingga pada tahun kedua atau tahun 2019, banyak dilaksanakan akselerasi program. Karena itu, pada tahun ketiga atau 2020 nanti, pihaknya optimistis dapat memanen implementasi berbagai program yang sudah dijalankan.

"Intinya untuk 2020, yang bagus- bagus di 2019 kami pertahankan, yang kurang insyaallah kami introspeksi," tambah dia.

Adapun sepanjang 2019, Emil merasa bersyukur karena mayoritas program Jabar Juara sudah menghadirkan perubahan. "Kemudian desa-desa lebih bergeliat sekarang, ada desa digital, ekonomi desa meningkat oleh OVOP dan lain-lain," tambahnya.

Begitupun sejumlah proyek infrastruktur sudah berjalan, walaupun sebagian besar belum selesai karena terdapat kekurangan-kekurangan tertentu.

Sementara urusan Kawasan Bandung Utara (KBU), pada 2020 akan dipertegas dengan pergub yang melibatkan Satgas Citarum Harum dan Badan Otoritas Cekungan Bandung. Sementara gerakan menanam pohon yang konsisten diharapkan menjadi solusi jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

Pun pada 2019, ada satu hal yang membahagiakan Emil yakni di akhir tahun ini Pemdaprov bisa menyisihkan APBD. Hingga untuk pertama kali, Pemdaprov Jabar melalui Dinas Pendidikan Jabar bisa menggratiskan SPP, untuk siswa SMA/SMK/ negeri.

"Swasta juga ada, tapi untuk siswa yang tidak mampu," ucapnya.

Masih di 2019, lebih dari 80 penghargaan dari dalam dan luar negeri diraih hingga akhir tahun ini. Adapun prestasi yang paling membanggakan bagi Emil adalah penghargaan GovInsider Innovation Awards 2019 di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Asia Pasifik Bangkok, Thailand, Rabu (16/10/2019).

Saat itu, Emil meraih penghargaan sebagai Inspirational Leader di kawasan Asia Pasifik. Kemudian Pemdaprov Jabar melalui Dinas Komunikasi dan Informasi juga menyabet dua penghargaan, yakni Best Adaptation untuk Program Desa Digital dan Best Team Under 35 untuk unit Jabar Digital Service.

"Jabar, sebagian programnya bukan lagi juara di level nasional, tapi sudah sampai ke level Asia Pasifik," ujarnya.

Dalam pertemuan itu, Emil mengundang 70 pimpinan media cetak, siber televisi, radio lokal, regional, dan nasional, termasuk organisasi kewartawanan.

Pertemuan ini merupakan kegiatan rutin untuk menjaga komunikasi dan hubungan baik dengan media. Ini adalah pertemuan terakhir di tahun 2019.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar