Yamaha

Inovasi Alumni Unpad Ubah Telur Asin Jadi Aneka Rasa

  Jumat, 06 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Benny Nainggolan, alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, yang mengembangkan telur asin aneka rasa. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Lama bergelut dengan dunia peternakan terutama unggas, Benny Nainggolan, alumni Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran memutuskan untuk membuat inovasi yang bisa memberi nilai tambah pada produk hilir peternakan.

Sebelumnya, sejak kuliah, Benny cukup banyak 'ngulik' hal seputar peternakan bebek dan ingin berkontribusi untuk memajukan sektor tersebut.

"Tapi setelah dijalani, sektor hulu peternakan itu cukup susah dikelola dan biayanya besar. Akhirnya kepikiran untuk berinovasi di telur asin karena mudah dijual dan merupakan konsumsi sehari-hari orang," ungkapnya pada Ayobandung.com, Kamis (5/12/2019).

AYO BACA : Amorina, Produk Wirausaha Alumni Unpad Saingi Kosmetik Kekinian

Dia kemudian berupaya mencari celah yang dapat membuat produk telur bebek asin tersebut hits di pasaran. Pada 2016, Benny mengatakan, hal yang tengah banyak digemari masyarakat terutama Kota Bandung adalah segala hal yang pedas dan memiliki level kepedasan bertingkat-tingkat.

"Jadilah akhirnya bikin telur asin pedas. Rasa asin dan pedas itu juga kan rasa dasar di makanan, jadinya ketika dicampur ya enak," ungkapnya.

Tak hanya menambah variasi rasa pedas, dia juga berupaya meningkatkan kualitas dan nilai jual telur asin dari aspek lainnya. Mulai dari ketahanan, kandungan gizi, dan sebagainya.

AYO BACA : Mahasiswa Unpad Kembangkan Nasi Bawang Dayak Antidiabetes

"Daya tahannya juga dibuat lebih lama dan kandungannya lebih berkualitas, lebih sehat dan terjaga. Ada nilai tambah lain. Semuanya bisa didapat dalam satu kali konsumsi telur asin," ungkapnya.

Produk yang ditanami Eggy Telur Asin tersbeut saat ini memiliki varian rasa pedas, pedas jeruk, hingga pedas terasi udang. Harganya dibanderol mulai dari Rp7.000 per butir.

Tak sekedar dijual melalui media sosial, Eggy Telur Asin juga telah merambah salah satu gerai supermarket besar di Kota Bandung dan sejumlah toko oleh-oleh di berbagai kota.

Melalui produknya tersebut, Benny berharap konsumsi telur asin di kalangan masyarakat dapat meningkat. "Selain itu juga ingin memperbesar lapangan kerja di bidang peternakan. Cita-cita saya ingin membuat ini menjadi industri," ungkapnya. 

AYO BACA : Home News Bandung Dosen FK Unpad Raih Anugerah Menteri Kesehatan 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar