Yamaha

Mainkan Ponsel Sebelum Tidur Tingkatkan Gula Darah

  Rabu, 04 Desember 2019   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah penelitian menyatakan adanya hubungan antara penggunaan ponsel sebelum tidur dengan peningkatan kadar gula secara tiba-tiba.

Dilansir Himedik, Rabu (4/12/2019), studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior itu menunjukkan peningkatan terjadi karena paparan cahaya buatan dari perangkat elektronik sebelum tidur.

AYO BACA : Diduga Orang Tua Lalai, Tangan Balita Ini Terbakar Pengisi Daya Ponsel

"Bahkan pada level yang Anda anggap tidak berbahaya, paparan cahaya pada malam hari dapat memicu sejumlah masalah kesehatan," kata Kathryn Russart, seorang peneliti postdoctoral di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus.

"Cahaya di malam hari adalah pengganggu endokrin," sambungnya, melansir Medical Daily.

AYO BACA : Tanpa Komponen dari AS, Huawei Sukses Bikin Ponsel Mate 30

Dia menjelaskan bahwa ritme sirkadian tubuh berjalan berdasarkan 24 jam per hari atau sesuai dengan matahari. Ini membantu tubuh mengelola ritme hormon secara teratur dalam jaringan endokrin.

Namun, ketika otak terpapar cahaya pada malam hari, jam internal tubuh menjadi terganggu sehingga lebih sulit untuk tertidur dan menyebabkan perubahan pada tubuh yang memicu lonjakan gula.

Para ahli mengatakan bahwa orang harus menjaga cahaya hanya kurang dari lima lux di malam hari untuk menjaga ritme sirkadian tetap sinkron. Menggunakan ponsel, tablet, dan bahkan TV sebelum tidur dapat membuat tubuh terkena cahaya hingga 40 lux.

Kata Elena Christofides, ahli endokrinologi dari Colombus, Ohio, Anda dapat menggunakan kacamata pemblokiran cahaya terang.

"Saran saya adalah mengenakan kacamata khusus selama Anda menggunakan komputer, smartphone, iPad atau menonton TV," sambungnya.

AYO BACA : Hati-hati, Ini Hal yang Terjadi Pada Otak Anda Ketika Kurang Tidur

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar