Yamaha

94 Bangunan Sekolah Berdiri di Patahan Lembang

  Rabu, 04 Desember 2019   Tri Junari
Patahan Lembang. (Ayobandung.com)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 94 bangunan sekolah terdata berdiri di radius 1 kilometer pada patahan Lembang meliputi Kecamatan Lembang, Cisarua, Parongpong, Ngamprah dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

AYO BACA : Rumah di Patahan Lembang Mesti Tahan Gempa

Hal itu merujuk pada hasil pendataan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2018 yang diterima Dinas Pendidikan KBB. Meski demikian hingga kini belum ada laporan bangunan sekolah yang retak apalagi ambruk sebagai dampak dari Patahan Lembang. 

AYO BACA : Potensi Gempa Sesar Lembang Capai 7 Skala Richter? Ini Penjelasan PVMBG

Kepala Bidang Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan KBB Asep Nirwan mengatakan, walaupun hingga kini keberadaan Patahan Lembang tidak berdampak apapun pada bangunan sekolah, namun pihaknya akan tetap mengantisipasi dari sekarang.

"Jangan sampai ada kejadian bangunan sekolah yang dekat dengan daerah patahan mengalami kerusakan secara tiba-tiba," kata Asep Nirwan di Ngamprah, Rabu (4/12).

Ia mengatakan, sebenarnya keberadaan sekolah yang berdekatan dengan daerah patahan sudah lama menjadi perhatian. Rencananya struktur bangunan sekolah yang akan dibangun dan direnovasi akan tahan gempa. 

"Khusus untuk daerah Patahan Lembang saya akan konsultasi dengan Dinas PUPR. Mungkin untuk daerah ini terutama kontruksinya harus menyesuaikan dengan kondisi wilayah. Speknya harus dinaikan," tuturnya.

AYO BACA : 5 Fakta tentang Sesar Lembang yang Perlu Diketahui

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar