Yamaha

Hendak Mancing, 3 Warga Gununghalu Tenggelam di Curug Malela

  Rabu, 04 Desember 2019   Tri Junari
Curug Malela. (Tri Junari/Ayobandung.com)

RONGGA, AYOBANDUNG.COM -- Tiga orang warga Kampung Cikubulah, Desa Sindang Jaya Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat terbawa arus Sungai Cidadap tepat di aliran Curug Malela, Kecamatan Rongga, Selasa (3/12/2019) malam.

Dua orang atas nama Akin (45) dan Tohi (42) ditemukan selamat dalam kondisi pingsan sejauh 40 kilometer dari lokasi awal. Sementara itu, Aat (50) hingga kini masih hilang. Ketiganya terseret banjir bandang saat tengah memancing di bantaran sungai.

"Dua orang atas nama Tohi dan Akin sudah ditemukan sekitar pukul 12.00 WIB (kemarin) di aliran sungai dekat Curug Ngebul. Kondisi keduanya dalam keadaan pingsan saat ditemukan, namun masih bisa diselamatkan," ujar Relawan Trapawana, David Riksa Buana, Rabu (4/12/2019).

AYO BACA : Penataan Objek Wisata Curug Malela Capai 85%

Untuk diketahui, jarak antara Curug Malela dan Curug Ngebul berjarak sekitar 40 kilometer. Proses pencarian korban selamat pun berlangsung selama kurang lebih 11 jam dengan melibatkan jajaran Polsek, Koramil, relawan dan warga setempat.

"Sedangkan satu orang korban atas nama Aat belum ditemukan sampai saat ini. Tim masih terus melakukan pencarian. Namun, kalau kondisi cuaca tidak memungkinkan, akan dilanjut nanti," katanya.

David mengatakan, kemungkinan ketiga korban tak bisa mengantisipasi datangnya banjir bandang yang datang secara tiba-tiba dan tak terduga. Apalagi, saat kejadian dalam kondisi gelap karena malam hari.

AYO BACA : Genjot Okupansi Wisata, Curug Malela Mulai Bersolek

"Memang warga sekitar suka banyak yang mancing di wilayah aliran sungai tersebut. Dan kebanyakan warga yang mancing ini memilih malam hari," ujarnya.

Sementara itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung menerima informasi terkait KMM (Kejadian Membahayakan Manusia) pada pukul 15.00 WIB dari Polsek Gunung Halu. 

Tim menerjunkan satu tim rescue pada 16.10 WIB dengan Dengan alut yang digunakan yaiu satu unit Rescue Car, satu set peralatan SAR air, satu set peralatan selam, satu set peralatan komunikasi dan satu set peralatan medis. 

Hingga berita ini diturunkan, korban masih dalam pencarian oleh masyarakat dan pihak lainnya yang berada di lapangan.

“Berdasarkan laporan yang diterima, kejadian terjadi pada kemarin (03/12/2019) pukul 23.00 WIB. Saat itu korban hendak memancing bersama dua rekan lainnya, namun dikarenakan arus sungai yang deras korban terbawa arus sungai dan tidak mampu menyelamatkan diri. Diduga arus sungai yang deras akibat hujan pada malam kemarin yang cukup deras” terang Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung, Deden Ridwansyah.

AYO BACA : Surga Bernama Curug Malela

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar