Yamaha

Listrik di Pemkot Cimahi Padam, Pelayanan KTP Lumpuh

  Selasa, 03 Desember 2019   Tri Junari
Aliran listrik di gedung Pemerintah Kota Cimahi padam sejak Senin (2/12/2019) siang

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Aliran listrik di gedung Pemerintah Kota Cimahi padam sejak Senin (2/12/2019) siang. Akibatnya, sejumlah pelayanan masyarakat lumpuh.

Pelayanan yang paling berdampak adalah pengurusan di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi.

Berdasarkan pantauan pada Selasa (3/12/2019) di Disdukcapil Kota Cimahi, masyarakat sudah antre di pelayanan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan. 

Belum optimalnya pelayanan itu membuat sejumlah warga terpaksa harus menunda mengurus administrasi kependudukan. 

Mimi Midawati (44), warga Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, mengaku sedikit kecewa lantaran sejak sehari sebelumnya sudah datang untuk mengurus administrasi kependudukan.

"Kemarin sempat ke sini, ternyata mati listrik. Hari ini nyoba lagi, tapi tadi disarankan menunggu atau kembali besok. Masih eror katanya servernya," tuturnya.

AYO BACA : Indonesia Ditargetkan Produksi 2 Juta Motor Listrik pada 2025

Rencananya, dia akan mengurus surat pindah dan pembuatan KK. Namun, ditakutkan harus menunggu lama, Mimi memilih untuk kembali lagi besok. 

"Mau ke kecamatan dulu aja, besok ke sini lagi takut nunggu lama," katanya.

Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi Yoshepina Dewani mengungkapkan, sejak padamnya litrik berdampak terhadap lumpuhnya seluruh pelayanan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan sebagainya. 

"Kejadian mati lampu perkiraan pukul 10.00 WIB, kita coba tunggu karena memang layanan Disdukcapil ini membutuhkan tenaga listrik," ungkapnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Selasa (3/11/2019).

Pihaknya sempat mencoba menunggu listrik hidup. Genset milik Pemkot Cimahi sempat dinyalakan namun tak bertahan lama.

"Kita gak ada back up server di sini. Iya server otomatis mati, kita gak bisa bekerja," katanya.

AYO BACA : Jokowi Ingin Indonesia Garap Industri Mobil Listrik

Pagi ini, pihaknya mencoba kembali membuka pelayanan kepada masyarakat. Namun, servernya belum optimal. Atas permasalahan teknis ini, pihaknya berharap masyarakat bisa memakluminya.

Ketika server pelayanan mati, jelas Yoshepina, butuh waktu untuk menstabilkannya kembali. 

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Intinya dengan matinya listrik ini tentu ada alat yang perlu dipersiapkan untuk pelayanan berikutnya sehingga memakan waktu untuk stabil," tuturnya.

Asisten III Bidang Administrsi Umum Kota Cimahi Tata Wikanta menjelaskan, sebetulnya padamnya listrik itu terjadi sejak Minggu sore karena adanya kerusakan jaringan listrik akibat hujan besar. Namun, hingga Senin pagi ternyata listik masih belum hidup.

"Sementara di tempat lain sudah nyala. Dari PLN ngecek ke sini trafo rusak," ungkapnya.

Kemudian, genset dihidupkan agar pelayanan di Pemkot Cimahi tetap berjalan. Namun, pukul 10.00 WIB genset tidak terkontrol sehingga akhirnya mati.

"Tidak terkontrol, solar habis. Begitu diisi, genset macet sampai siang nggak bisa. Allhamdulilah tadi pagi dicoba jalan," ungkapnya.

AYO BACA : Daftar Wilayah Bekasi Kota yang Kena Pemadaman Listrik Hari Ini

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar