Yamaha

Lebah Vespa Teror Kota Cimahi

  Selasa, 03 Desember 2019   Tri Junari
Salah seorang korban sengatan lebah Vespa.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Dua pekan terakhir fenomena pertumbuhan sarang dibarengi serangan lebah meneror Kota Cimahi. Pemadam Kebakaran Kota Cimahi mencatat sedikitnya 15 laporan warga berkaitan dengan serangan maupun keresahan warga soal tumbuhnya sarang lebah di atap rumah.

Komandan Regu I Pemadam Kebakaran Kota Cimahi Indrahadi menerangkan, selama 14 hari terakhir petugas Damkar melakukan penanggulangan pemberantasan sarang lebah. 

AYO BACA : Kawanan Lebah Serang Sejumlah Anak di Cililin

"Setiap malam kita melakukan penanganan sarang lebah 2-3 titik, sampai saat ini tercatat ada 15 laporan warga," ungkap Indrahadi kepada Ayobandung.com, Selasa (3/12/2019).

Menurutnya, laporan warga dengan adanya sarang lebah bervariasi, ada yang mengadu setelah kawanan lebah menyerang warga dan resah sarang lebah tumbuh di atap rumah warga.

AYO BACA : Puluhan Sarang Lebah Predator Dievakuasi di Bekasi

"Sarang yang kita tangani berjenis lebah Vespa, ini salah satu jenis lebah yang berbahaya," ujarnya.

Dalam proses penanggulangan sarang lebah, lanjut Indra, petugas damkar melakukan langkah awal dengan membius lebah menggunakan busa yang dicelupkan pada bensin.

"Kami tidak membakar sarangnya langsung, tetapi membius dulu lebah dengan memasukkan busa bercampur bensin ke dalam lubang utama sarang, kemudian dilepas dimasukan ke dalam karung, " tuturnya.

Maraknya sarang lebah, sebut Indra, umum terjadi pada masa peralihan musim atau awal musim hujan. Kawanan lebah mengincar sari bunga dan buah yang saat ini mulai bermekaran.

"Mungkin karena peralihan musim bunga dan buah mulai tumbuh," katanya.

AYO BACA : Benarkan Sebagian binatang adalah

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar