Yamaha

Amorina, Produk Wirausaha Alumni Unpad Saingi Kosmetik Kekinian

  Selasa, 03 Desember 2019   Nur Khansa Ranawati
Alumni jurusan Biologi Unpad, Michelle Azista (kiri) memperlihatkan produk olahan spirulina di bawah merk Amorina. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Alumni jurusan Biologi Universitas Padjajaran, Michelle Azista, bersama rekan-rekannya berhasil mengembangkan produk wirausaha berupa kosmetik alami yang khasiatnya tak kalah dengan berbagai produk kecantikan di pasaran. Kosmetik dan produk perawatan tubuh hasil inovasi Michelle tersebut dibuat dari bahan dasar spirulina.

Spirulina secara umum merupakan jenis bakteri yang mampu berfotosintesis, dan dinilai banyak mengandung manfaat terutama untuk kulit wajah. Sembari mempraktekan ilmu biologinya, Michelle mencoba meraih peluang bisnis dengan mengolah spirulina menjadi batangan sabun mandi, scrub, facial oil, hingga masker.

Aneka produk tersebut dijual di bawah merk "Amorina". Selain untuk merawat tubuh dari luar, Amorina juga menyediakan suplemen spirulina pelengkap gizi makanan yang dapat ditaburkan pada hampir seluruh jenis panganan dan minuman.

AYO BACA : Mahasiswa Unpad Kembangkan Nasi Bawang Dayak Antidiabetes

"Untuk kesehatan ada Spirulina Crunchy, ini bisa dicampur ke jus atau smoothies untuk topping. Ada juga Ricena, yaitu Spirulina Crunchy yang dicampur dengan buah dan biji-bijian seperti granola, bisa dicampur susu dan yogurt," ungkapnya pada Ayobandung.com beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, salah satu manfaat spirulina yang paling banyak dikenal adalah kandungan protein dan vitamin A-nya yang tinggi. Sebagai bakteri, spirulina memiliki kadar protein yang tinggi. Kemampuan spirulina untuk berfotosintesis juga menjadikan bakteri ini memiliki banyak pigmen alami.

"Salah satu pigmen alaminya adalah karotenoid. Itu bisa jadi sumber vitamin A yang tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dari wortel," jelasnya.

AYO BACA : Dosen Unpad Berhasil Gali Potensi Pemuda untuk Wirausaha Pertanian

Untuk produk perawatan kulit, Michelle menerangkan bahwa spirulina mampu mencerahkan kulit hingga mengurangi jerawat. Masker spirulina yang berwarna hijau pekat hasil olahannya tersebut menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari konsumen.

Sementara, untuk kesehatan tubuh, spirulina sudah teruji mampu meningkatkan daya tahan tubuh bila dikonsumsi rutin sehari-hari. "Biasanya khasiat spirulina ini kurang terasa bagi orang yang sehat-sehat saja, tapi kalau lebih jeli lagi, orang bisa tahan kerja dengan durasi yang lebih lama," ungkapnya.

Spirulina pun bahkan dianggap mampu digunakan sebagai penyedap makanan pengganti MSG atau vetsin karena sama-sama mengandung glutamat.

Saat ini, start-up Amorina yang tengah diinkubasi oleh Unpad masih berjalan melalui pendanaan yang diberikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) selama tiga tahun. Awalnya, Amorina mendapat pendanaan dari lembaga yang sama pada 2017 sebagai Calon Perusahaan Pemula.

"Kemudian pada 2018 kami dapat lagi pendanaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi sampai tahun ini," ungkapnya. Saat ini, selain bisa dipesan melalui media sosial, produk-produk Amorina juga telah tersedia di e-commerce besar.

AYO BACA : Hindari Salah Jurusan Kuliah dengan Knowlej.id Karya Mahasiswa Unpad

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar