Yamaha

5 Kebiasaan Sederhana Merawat Kulit Cantik

  Minggu, 01 Desember 2019
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Setiap perempuan sadar terhadap kesehatan kulit mereka, bahkan tak sedikit yang meniru perawatan untuk mendapatkan kulit cantik. Bila Anda memiliki pengetahuan dan perawatan yang tepat, kulit wajah yang sempurna bisa menjadi milik setiap perempuan. 

Berikut ritual rahasia yang dirangkum untuk Anda bisa tiru dengan cara yang sederhana dan ingat mulai terapkan dari sekarang. 

1. Bedakan Perawatan dari Area Wajah

Cara ini dengan mengaplikasikan krim malam ke semua area wajah kecuali bagian dahi. Penggunaannya dengan serum pemutih hanya pada bintik-bintik hitam, atau mengoleskan face oil hanya pada bagian terluar wajah, leher, dan dada misalnya. Memerhatikan fungsi produk wajah dengan saksama sangatlah penting, mengingat setiap area wajah membutuhkan nutrisi dan cara perawatan yang berbeda-beda.

Beberapa area wajah memiliki kulit yang lebih tebal (area dahi), sementara area wajah yang lain cenderung sensitif (area mata). Sebagai contoh, bila Anda memiliki kulit kombinasi (berminyak sekaligus kering), gunakan toner dengan asam salisilat atau glikolat hanya pada area T. Bila Anda memiliki garis-garis halus pada dahi, cukup aplikasikan retinol pada area ini dan hindari penggunaannya pada area wajah yang lain agar terhindar dari iritasi kulit.

2. Mengaplikasikan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah adalah kewajiban yang harus Anda lakukan. Sekarang ini kebanyakan krim pelembap atau foundation sudah dilengkapi SPF, tapi menggunakan tabir surya secara terpisah tetap harus dilakukan.

Mengapa? Setiap hari, saat hujan atau matahari terik, selalu gunakan SPF 30 pada wajah. Ketika cuaca super terik, baiknya gunakanlah tabir surya dengan SPF 50. Jangan lupa, pastikan untuk mengulangi pemakaian tabir surya ini tiap 2 jam sekali. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit di masa mendatang.

3. Tidak Melupakan Antioksidan

Rajin mengaplikasikan produk antioksidan sebelum menggunakan tabir surya adalah hal yang disarankan, terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang tidak pernah bisa lepas dari radikal-radikal bebas berbahaya. Produk antioksidan sangat bermanfaat untuk melindungi wajah dari bahaya asap rokok, asap kendaraan bermotor, polusi, dan sinar UV sebagai penyebab utama terjadinya kerutan pada wajah.

4. Cermat Membersihkan Wajah

Jangan pernah membiarkan wajah kotor di malam hari. Walau sudah mengantuk dan selelah apapun Anda, wajah wajib untuk dibersihkan dengan baik. Membersihkan wajah secara rangkap dua (double cleanse) adalah hal yang tepat. Contohnya membersihkan sisa makeup pada wajah dengan oil cleanser terlebih dahulu sebelum mencucinya dengan sabun wajah.

Membiarkan sisa makeup serta bahan-bahan radikal penyebab polusi tetap menempel pada wajah akan menyebabkan kerusakan jangka pendek seperti kulit kasar dan berjerawat, serta kerusakan jangka panjang, yang dapat membuat kulit berkerut dan kusam. 

5. Konsisten Olahraga

Studi di McMaster University membuktikan bahwa laki-laki dan perempuan usia 40 tahun ke atas yang rutin berolahraga minimal 3 jam/minggu, memiliki kulit menyerupai mereka yang masih berumur 20-an atau 30-an.

Olahraga tak hanya baik untuk tubuh dan pikiran, tapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama untuk memperlancar peredaran darah dan menyerap nutrisi bagi kulit dengan baik. Kulit pun akan menjadi lebih kencang dan bersinar dengan olahraga yang rutin.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar