Yamaha

Ada Loh Diet Berdasarkan Kepribadian, Ayo Coba!

  Minggu, 01 Desember 2019
Ilustrasi (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Diet bisa dilakukan dengan beragam cara. Ada yang mengurangi porsi makan, memilih makanan sehat, ada juga yang mengonsumsi satu menu yang sama setiap harinya. Pola diet tersebut tidak bisa ditiru, karena setiap tubuh orang memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Selain kondisi tubuh, tahukah Anda jika kepribadian seseorang juga berpengaruh pada pola makan? Seperti apa pembagian kepribadian yang berpengaruh terhadap pola diet tersebut?  

1. Berpikir berlebihan

Kalau merasa ini adalah kepribadian Anda, maka Anda adalah orang yang analitis dan cenderung menetapkan target yang kurang realistis. CSIRO, sebuah organisasi penelitian di Australia, mengungkapkan kalau hal ini terjadi pada sebagian besar wanita yang tengah diet. 

US News & World Reports menyarankan orang berkepribadian ini untuk melakukan diet Weight Watchers, yaitu diet yang memberi banyak konseling nutrisi, termasuk strategi yang bermanfaat untuk mengatasi tantangan yang mengganggu diet Anda.

2. Suka menilai diri sendiri

Susan Albers, PhD, penulis buku 50 More Ways to Soothe Yourself Without Food, menyarankan Anda untuk tidak menganggap secara otomatis apa yang berhasil untuk orang lain akan berhasil untuk Anda. 

"Saya selalu memberitahu orang-orang untuk tetap di jalur mereka sendiri. Anda pasti mencoba membandingkan diet untuk diri sendiri dengan orang lain, tetapi ketika Anda menemukan apa yang berhasil untuk Anda, Anda akan terus menggunakannya," ungkap Susan, dikutip dari Reader's Digest, belum lama ini.

3. Hidup di masa lalu

Ketika hendak mencoba sebuah metode diet, yang ada di pikiran Anda adalah kegagalan yang sudah pernah dialami sebelumnya dan itu membuat Anda patah semangat duluan. 

"Cobalah ambil ilmu yang baik dari pengalaman itu. Kalau tahu sarapan protein bisa membuat kenyang lebih lama, maka kembali terapkan. Anda pun tahu kalau Anda sering melewatkan makan siang karena jadwal kerja yang padat, maka mulailah membawa bekal makanan sehat di dalam tas Anda," kata Susan.

4. Taat aturan

Orang dengan kepribadian ini selalu taat dengan aturan diet yang ditetapkan, kapan harus makan dan kandungan apa saja yang boleh masuk dalam tubuh. Tipe ini cenderung sukses ketika ingin menerapkan diet apapun. 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Republika.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar