Yamaha

Pemkot Bandung Kaji Penambahan Jalur Sepeda

  Kamis, 28 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Ilustrasi jalur sepeda. (Ayobandung.com/Dadan Ramdhani/magang)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COMĀ -- Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengkaji penambahan sejumlah jalur sepeda. Namun demikian, jalur sepeda yang suda ada tetap akan dioptimalkan.

"Saya sudah minta Dishub bikin jalur sepeda masih pengkajian Insyaallah," ujarnya saat di Mapolrestabes Bandung, Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, upaya optimalisasi jalur sepeda yang ada saat ini, sebagai upaya agar jalur tersebut dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Sehingga tidak dilintasi oleh moda transportasi lainnya.

AYO BACA : Teuku Wisnu Jadikan Sepeda sebagai Gaya Hidup

"Karena jangan sampai seperti di daerah lain hanya kuantitasnya yang ditambah tapi dia gak berfungsi juga karena tetap berebut dengan moda transportasi lain," kata Yana.

Dia menyebutkan kontur tanah di Kota Bandung cocok untuk bersepeda. Tak hanya itu pihaknya juga mendorong masyarakat agar dapat beralih ke moda transportasi massal dan lebih ramah lingkungan.

"Salah satunya selain ke angkutan umum, ya ke sepeda," ucap Yana.

AYO BACA : Pria Berusia 57 Tahun Asal Bandung Siap Keliling Dunia

Terkait dengan ruas jalan untuk jalur sepeda, Yana mengaku hal tersebut masih dalam pengkajian. Namun melihat kondisi ruas jalan saat ini, belum dapat dilakukan tetapi bisa juga dengan cara kanalisasi.

"Insyaallah pelebaran jalan da susah atuh, paling kita nanti regulasinya kita lihat apakah di koridor-koridor tertentu di trotoar boleh sepeda itu yang kita kaji," tuturnya.

Dia menambahkan dengan keterbatasan ruas jalan di Kota Bandung saat ini, tidak menghalangi hak pesepeda karena terdapat sejumlah trotoar tertentu yang bisa digunakan oleh pesepeda.

"Saya pernah baca sepintas, beberapa trotoar tertentu itu boleh berbagi dengan sharing dengan sepeda," katanya.

AYO BACA : Tiru Kota Bandung, Retribusi Parkir di Cimahi Pakai Durasi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar