Yamaha

Jadi Tuan Rumah Porprov Jabar 2022, KBB Butuh Dana Rp50 Miliar

  Kamis, 28 November 2019   Tri Junari
Sekretaris KONI Kabupaten Bandung Barat Lili Supriatna. (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kabupaten Bandung Barat (KBB) sedikitnya membutuhkan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022. 

Anggaran itu di luar pembangunan infrastruktur atau sarana dan prasarana cabang olahraga. Sebagai salah satu tuan rumah, KBB ditunjuk menyelenggarakan 23 cabang olahraga.  

Seperti diketahui Porpov Jawa Barat 2022 diselenggarakan di tiga tempat, yaitu Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, dan Subang. 

AYO BACA : Pilkades Bandung Barat, Petahana Kasih Ustaz Rp500 ribu

"Pekan kemarin, KONI Kabupaten Bandung Barat dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Barat melakukan konsultasi teknis dengan KONI Jawa Barat terkait kesiapan tuan rumah dan penganggaran Porprov 2022," kata Sekretaris KONI KBB Lili Supriatna di Ngamprah, Kamis (28/11/2019).

Penunjukan KBB sebagai bagian dari penyelenggara Porprov IV 2022 berdasarkan SK Gubernur Jabar No 246 Tahun 2019. Konsultasi dinilai harus dilakukan mengingat penyelenggaraan Porprov Jawa Barat semakin dekat.

Menurutnya, porprov merupakan hajat provinsi, sementara kabupaten dan kota hanya sebagai penyelenggara. Sehingga anggaran untuk penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Jawa Barat tersebut sebagian besar ditanggung Pemprov Jawa Barat.

AYO BACA : Pilkades di Bandung Barat Bau Politik Uang

Hasil konsultasi dengan KONI Jawa Barat disebutkan ada dua sumber anggaran untuk penyelenggaraan Porprov Jawa Barat yaitu berupa bantuan keuangan dan hibah. 

Anggaran tersebut digunakan untuk pembangunan infrastruktur pendukung yang diusulkan oleh Kabupaten penyelenggara kepada Pemprov Jawa Barat. Selain itu digunakan untuk membiayai pelaksanaan teknis penyelenggaraan baik pembukaan maupun penutupan. 

"Dalam hal ini Pemkab Bandung Barat menyiapkan dana pendampingan untuk kegiatan tersebut melalui PB Porprov tingkat Kabupaten Bandung Barat yang ex officio diketuai bapak  Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna," tuturnya.

Lili mengatakan, anggaran Rp 50 miliar tersebut sebagai perhitungan kasar. Pihaknya Saat ini tengah menyusun kebutuhan anggarannya secara rinci.

"KONI mendorong Pemda untuk berperan aktif untuk konsultasi ke Pemprov Jawa Barat terkait dengan penyelenggaraan even olahraga tersebut. Kami pun akan fokus ke pembinaan agar target tiga besar dapat terealisasi," ungkap dia.

AYO BACA : Pilkades Bandung Barat Dikawal 862 Personel Polisi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar