Yamaha

Nyalakan AC saat Kabin Mobil Panas Sebabkan Kanker?

  Rabu, 27 November 2019
Kabin mobil. (Pixabay/MikesPhotos)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Para pengguna mobil ternyata tidak disarankan menyalakan AC atau pendingin ruangan saat kabin mobil panas karena cuaca. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Mengutip, laman Auto2000, tindakan tersebut bisa menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya.

AYO BACA : Cara Mengenali Mobil Bekas Terendam Banjir

Hal ini disebabkan oleh beberapa benda yang ada di dalam mobil seperti pengharum ruangan, bahan pelapis jok, hingga material plastik yang menjadi sumber masalahnya.

Sinar matahari langsung yang panas menyebabkan reaksi tertentu pada benda-benda dengan kandungan zat kimia tertentu ini.

AYO BACA : Hidupkan Mesin Mobil Pakai Android ala SMK Pemuda Sumedang

Berbagai senyawa berbahaya pun muncul, salah satunya benzena yang terkenal sebagai racun penyebab kanker.

Benzena yang muncul akan disirkulasikan oleh AC. Karena itu, penumpang yang menghirup udara di kabin mobil bisa terpapar polusi kandungan kimia dari benda-benda tadi.

Karena bersifat racun, benzena mampu mempengaruhi ginjal dan hati. Dua organ yang berperan sebagai penyerap racun ini kesulitan mengeluarkannya. Selain itu, benzena mampu meracuni tulang dalam tubuh sehingga menyebabkan anemia dan penurunan jumlah sel darah putih.

Semakin lama terhirup dalam tubuh, benzena bisa menimbulkan leukimia yang memperparah risiko kanker. Bagi ibu hamil, benzena juga mampu mengakibatkan keguguran.

AYO BACA : Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar