Yamaha

Gandeng Start-Up, Unpad Hadirkan Orientasi Kerja Dunia Digital pada Mahasiswa

  Selasa, 26 November 2019   Nur Khansa Ranawati
Program orientasi dan pengenalan dunia kerja pada para mahasiswa tingkat akhir di kampus Unpad Jatinangor, Selasa (26/11/2019). (istimewa)

JATINANGOR, AYOBANDUNG.COM -- Universitas Padjadjaran melalui unit pusat karier Tracer Study and Career Development Center (TS-CDC) kembali menyelenggarakan program orientasi dan pengenalan dunia kerja pada para mahasiswa tingkat akhir di kampus Unpad Jatinangor, Selasa (26/11/2019). Kali ini, Unpad menggandeng start-up lokal yang berfokus pada pengembangan teknologi smart city, Qlue.

Dalam acara bertajuk Millenials Career in Digital Era tersebut, Qlue dan pihak Unpad memaparkan sejumlah materi yang secara umum membahas mengenai karier generasi milenial dan generasi Z di era digital. Hal apa saja yang penting untuk dimiliki selepas lulus dari kampus, bidang apa saja yang akan banyak dibutuhkan industri, dan sebagainya.

PR & Marketing Communication Qlue, Iwan Kurniawan mengatakan, hal tersebut menjadi penting mengingat saat ini hingga beberapa tahun mendatang, bidang ekonomi digital terus mengalami perkembangan pesat. Para generasi yang saat ini duduk di bangku kuliah lah yang akan menghadapi persaingan di era tersebut.

"Kami hadir di Unpad untuk berbagi mengenai potensi karier di industri 4.0 ini, karena digital economy akan terus berkembang dan mahasiswa-mahasiswa inilah yang akan menghadapinya langsung. Kami ingin berbagi mengenai perspektif pekerjaan apa saja yang nantinya dibutuhkan," ujarnya ketika ditemui selepas acara.

AYO BACA : Pelaku Start-Up Ungkap Skill yang Dibutuhkan Milenial di Industri 4.0

Selain memaparkan mengenai skill yang dibutuhkan di dunia kerja digital saat ini dan di masa yang akan datang, dirinya juga menyampaikan materi soal pentingnya membangun identitas diri dan brand melalui digital marketing. Selain itu, dosen Program Studi Teknik Informatika Unpad, Asep Sholahuddin pun turut menyampaikan materi mengenai kecenderungan cara kerja milenial di era digital dan hal apa yang dapat dikembangkan agar mampu bersaing di dunia kerja.

Kepala Kantor Pusat Karir TS-CDC Unpad, Rosaria Mita Amalia mengatakan, salah satu tujuan Unpad menggandeng Qlue adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai aspek yang diperlukan dalam mengembangkan diri di era industri 4.0.

"Karena Qlue berfokus ke smart city, kita juga ingin membuat citizen-nya ikut menjadi smart agar mereka tahu apa yang harus dilakukan ketika terjun ke dunia kerja digital dan pilihan karier-nya seperti apa. Kami ingin mahasiswa terpapar oleh wawasan yang bergizi dan pengaruh yang positif," ujarnya ketika ditemui dalam kesempatan yang sama.

Dia mengatakan, workshop serupa juga secara berkala telah diselenggarakan Unpad baik dalam skala universitas maupun skala fakultas hingga organisasi kemahasiswaan. Tujuannya adalah untuk memberi jembatan bagi para lulusan kampus agar dapat memiliki pemetaan terhadap jalur karier yang ingin ditempuh selanjutnya.

"Ini bukan kali pertama, kami sering melakukan rangkaian kegiatan edukasi dan seminar yang berkaitan dengan pengembangan karier. Ke depannya juga akan terus diadakan acara serupa secara berkala," jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar