Yamaha

Bikin Kenyang dan Kurus, Yuk Kenali 5 Manfaat Ngemil Kuaci

  Selasa, 26 November 2019
Ilustrasi kuaci. (PIXABAY/Natthapat Aphichayananthanakul)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seperti halnya kacang, kuaci juga merupakan salah satu jenis camilan favorit mereka yang suka ngemil. Bentuknya yang mungil dengan rasa gurih, membuat ngemil kuaci seakan tak mau berhenti.

Kuaci sendiri ada beragam jenis, ada yang berasal dari biji bunga matahari, ada juga yang berasal dari biji labu kuning yang bentuknya putih dan sedikit lebar.

Nah, buat kamu yang suka susah berhenti kalau ngemil kuaci, tak usah khawatir, karena ternyata cemilan satu ini punya beragam manfaat untuk tubuh, seperti diwartakan laman Times of India, Selasa (26/11/2019). Ini dia:

1. Mengembalikan energi

Biji bunga matahari mengandung thiamin atau vitamin B1 yang memainkan peran penting dalam mengelola produksi energi dalam tubuh, pembentukan otot, transmisi darah, dan mengembalikan keseimbangan vital dalam tubuh setelah melakukan olahraga yang menguras energi.

Segenggam kuaci yang dicemil sebelum dan sesudah olahraga bisa mengembalikan energimu dalam waktu singkat.

2. Menjaga keseimbangan hormon

Biji bunga matahari mengandung enzim yang mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Bagi perempuan khususnya, enzim pada kuaci bisa menyeimbangkan produksi estrogen dan progesteron, sehingga membantu dalam mengelola gejala sindrom pramenstruasi, tiroid, dan juga mengurangi mual di pagi hari selama trimester pertama kehamilan.

Kandungan vitamin B6 pada kuaci juga membantu mensintesis protein dan metabolisme, serta menjaga keseimbangan tubuh.

3. Mengatur lemak tubuh

Keunggulan kuaci dari biji bunga matahari adalah kaya magnesium, yang bisa meyehatkan jantung, mendetoksifikasi racun dengan cara membasmi kuman jahat, sehingga secara aktif berjuang melawan lemak yang berlebih saat metabolisme tidak bekerja baik.

4. Membuat efek kenyang

Kuaci dari biji bunga matahari bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Kuaci tinggi kalori yang sangat baik untuk mengurangi rasa lapar, sehingga memicu rasa kenyang saat mengonsumsinya. Artinya, tubuh akan tetap merasa kenyang tanpa harus banyak makan, dan tentunya bisa membuat tubuh tetap kurus.

5. Baik untuk pencernaan

Manfaat lain dari biji bunga matahari adalah dapat membantu mengatasi gejala sembelit dan sindrom iritasi usus besar (IBS). Enzim yang ada dalam biji kuaci mengatur sekresi cairan pencernaan dan menghilangkan racun yang tidak perlu dari tubuh, sehingga ia bisa memastikan bahwa perut dan usus Anda tetap berfungsi dengan baik setiap saat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar