Yamaha Aerox

Kirmir Sungai Cidurian Ambruk, Ini Waktu Perbaikannya

  Jumat, 22 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Kirmir Sungai Cidurian RT 03/RW 01 Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, ambruk. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM--Proses perbaikan tembok penahan tanah atau kirmir Sungai Cidurian di RT03/RW01, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris RW01, Suganda. Dia menyebutkan pasca ambruk pada Kamis (21/11/2019) sore, sejumlah petugas dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum langsung mengecek kondisi kirmir yang ambruk.

AYO BACA : 50 Persen Kirmir di Bandung Digunakan Bangunan Rumah

"Sudah dikoordinasikan dengan BBWS dan akan ditanggulangi dalam dua hari ke depan. Ini juga sudah dicek oleh petugas kemarin sore," ujarnya kepada ayobandung.com, Jumat (22/11/2019).

Suganda mengatakan peristiwa ambruknya kirmir di Sungai Cidurian merupakan yang pertama kali terjadi. Diduga penyebabnya, karena pengikisan tanah oleh air sungai yang berada di bawah pondasi kirmir.

AYO BACA : Kirmir Sungai Cicadas Jebol, Ratusan Rumah Tergenang Banjir

"Panjang kerusakannya sekitar 20 meter dengan ketinggian lima meter. Kekhawatiran karena terkikisnya tanah pondasi ini (kirmir) sudah sejak tahun lalu, dan saya sudah sempat laporkan ke kelurahan," katanya.

Menurutnya, pengikisan tanah pondasi kirmir di Sungai Cidurian sudah cukup mengkhawatirkan. Bahkan, beberapa rumah yang berada di bantaran sungai terancam ambruk juga, jika hal ini tidak segera ditindaklanjuti.

"Kalau tidak cepat ditanggulangi air akan masuk ke pemukiman warga. Ada beberapa (rumah) terancam amblas, bahkan saat ini karena amblas kemarin satu keluarga ada yang ngungsi," tutur Suganda.

Dia menambahkan untuk sementara waktu, jalan yang biasa dilalui oleh warga ditutup. Warga terpaksa harus memutar jalan, sebab jalan yang biasa dilalui dalam kondisi rusak dan berbahaya.

AYO BACA : Kirmir Sungai Cidurian Ambruk Diduga Akibat Pengikisan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar