Yamaha Aerox

IKM Kabupaten Bandung Harus Tingkatkan Mutu dan Kualitas

  Kamis, 21 November 2019   Mildan Abdalloh
IKM Kabupaten Bandung di bidang pembuat perkakas pertanian. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Teddy Kusdiana meminta pelaku IKM untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya guna menambah daya saing.

Teddy mengatakan ujung tombak kesuksesan produk IKM adalah mutu dan kualitasnya, sehingga meningkatkan dua hal tersebut menjadi keharusan jika ingin berkembang.

AYO BACA : Kontak Dagang, Cara Pemkab Bandung Redam Barang Impor

"Agar produk IKM laris manis dan dikenal masyarakat, meningkatkan mutu dan kualitas harus dilakukan," tutur Teddy, Kamis (21/11/2019).

Produk IKM Kabupaten Bandung harus memiliki unsur berdaya saing. Dimana, setiap produk IKM yang akan dikenalkan harus memiliki kualitas dan mutu yang baik. Dengan begitu, produk IKM Kabupaten Bandung cepat dikenal masyarakat luas. 

AYO BACA : Kemenperin Resmikan BUMDes Material Perkakas di Pasirjambu

Teddy menuturkan, pengenalan serta promosi produk IKM Kabupaten Bandung tak hanya dilakukan dengan cara lama saja. Menurutnya, di era 4.0 perlu adanya dukungan di bidang teknologi dan informasi. Maka dari itu, Pemkab Bandung melibatkan Diskominfo dalam mengenalkan produk IKM-nya. 

Teddy mengatakan, untuk semakin menguatkan jika Kabupaten Bandung memiliki ciri khas yang menonjol dibandingkan dengan daerah lain untuk menarik wisatawan, Pemkab Bandung juga tengah menjalankan program 1.000 Kampung. 

Program 1.000 Kampung itu, kata Teddy, setiap kampung di suatu kecamatan akan menonjolkan produk unggulannya. Saat ini, kata dia, sudah banyak kampung di Kabupaten Bandung yang semakin dikenal karena produk unggulannya. 

"Sudah ada Kampung Boneka, Kampung Jeans, Kampung Wayang, dan lainnya. Ke depan 1.000 Kampung ini bisa terwujud. Kemudian nanti bisa dikenal luas. Sehingga kesejahteraan masyarakat di kampung tersebut akan meningkat," katanya.

AYO BACA : Pemkab Bandung Dorong UMKM Bermitra dengan Penanam Modal

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar