Yamaha Aerox

Polisi Terus Dalami Kasus Tanah Kas Desa di Purwakarta

  Kamis, 21 November 2019   Dede Nurhasanudin
Kapolres Purwakartwa, AKBP Matrius saat konferensi pers ungkap kasus penyewaan tanah di Desa Anjun Kecamatan Plered. (ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Polres Purwakarta terus mendalami kasus sewa tanah di Desa Anjun kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Pendalaman dilakukan karena tidak menutup kemungkinan ada dugaan tersangka lain selain mantan kepala desa setempat berinisial AP dalam kasus pengelapan uang hasil sewa tanah bengkok itu.

"Saat ini baru mantan kades yang kita tahan, terkait ada tersangka lain masih kita dalami," ungkap Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, Kamis (21/11/2019).

Tersangka AP ditahan karena telah melakukan tindak pidana penggelapan uang sewakan tanah milik desa ke PT. Wijaya Karya (Wika) untuk pembuangan tanah merah proyek PT. Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) dengan total keseluruhan Rp715 juta lebih.

Namun hasil dari penyewaan itu tidak dimasukan ke kas desa melainkan dimasukan ke rekening pribadi dan sebagian besar digunakan untuk keperluan tersangka. Tersangka saat ini mendekam di balik jeruji besi dan terancam kurungan maksimal 20 tahun penjara.

Kapolres menambahkan, kasus yang menimpa tersangka AP harus menjadi contoh bagi kepala desa lain untuk mempergunakan segala bentuk dana bantuan atau anggaran lain yang berkaitan dengan kepentingan desa sesuai aturan yang berlaku agar tidak berakhir di balik jeruji besi.

“Kami Polres Purwakarta akan melakukan monitoring ke setiap desa, karena prinsifnya kami lebih baik membetulkan segala bentuk kesalahan dari awal dari pada nanti setelah salah besar dan menyimpang jauh kami tebas,” tegasnya.

Kapolres juga meminta para kepala desa mendukung proses pembangunan dengan cara menggunakan dana desa sesuai aturan, tepat guna dan tepat sasaran.

“Kami tidak akan membiarkan mereka melakukan tindak pidana korupsi lalu kita proses begitu saja, lebih baik dana desa kita monitor bersama dan apabila ada kesalahan kita perbaiki bersama,” pungkasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar