Yamaha

Kopilot Bunuh Diri Gegara Dipecat dan Penalti Miliaran, Wings Air Buka Suara

  Rabu, 20 November 2019   Firda Puri Agustine
Ilustrasi bunuh diri. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Salah seorang kopilot maskapai Wings Air, Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro (29), diduga bunuh diri gara-gara dipecat perusahaan. Maskapai yang merupakan bagian Lion Air Group itu memberikan penjelasan resmi atas hal tersebut.

Corporate Communications Strategic Wings Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, manajemen, kru pesawat, dan seluruh karyawan menyatakan rasa duka yang mendalam dan menyampaikan turut prihatin atas kejadian tersebut.

“Wings Air menegaskan bahwa penerapan aturan kerja, kedisiplinan, dan pelaksanaan standar operasional prosedur berlaku kepada semua awak pesawat dalam hal ini awak kokpit. Hal ini sudah sesuai ketentuan dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan,” kata Danang dalam keterangannya, Rabu (20/11/2019).

Dia juga mengungkapkan, Wings Air sudah mengimplementasikan program pembinaan kepada seluruh karyawan, termasuk awak pesawat.

AYO BACA : Gangguan Mood Merupakan Indikasi Bunuh Diri

Kebijakan itu berfungsi dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, integritas, dan berkarakter baik, sebagai upaya peningkatan kinerja tinggi.

“Kami juga sudah melakukan pembinaan secara bertahap kepada awak kokpit yang melakukan tindakan tidak disiplin,” ujarnya.

Apabila dalam fase pembinaan, lanjut Danang, karyawan atau awak kokpit tidak memenuhi kualifikasi atau hasil yang diharapkan, maka perusahaan akan memberikan penindakan dan keputusan sesuai aturan.

Sebelumnya, beredar pesan berantai di grup Whatsapp mengenai kematian Kopilot Nicolaus Anjar di kamar kosnya dalam posisi tergantung. Di samping jasadnya ditemukan kertas berisi surat pemecatan dari Direktur Operasi Wings Air dan penalti Rp7 miliar yang diduga menjadi penyebab hal itu.

AYO BACA : Curhat Bisa Bantu Cegah Bunuh Diri

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar