Yamaha

Komunikasi Efektif Kunci Penting K3

  Senin, 18 November 2019   Netizen Risa Aretha Putriana
[Ilustrasi] komunikasi. (Pixabay)

Industri di Indonesia akhir-akhir ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi. Sejumlah sektor yang diproyeksi tumbuh tinggi saat ini merupakan industri yang berkaitan dengan makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia serta elektronika.

Selama ini industri sudah berperan sangat penting untuk mendorong nilai investasi dan ekspor, sehingga industri juga menjadi salah satu sektor andalan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Akan tetapi, faktanya angka kecelakaan kerja yang selama ini terjadi di Indonesia juga masih cukup sangat tinggi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencatat ada 173.105 kasus kecelekaan kerja yang telah terjadi sepanjang tahun 2018. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan K3 oleh industri di Indonesia masih belum cukup diterapkan dengan baik.

Banyak pekerja di Indonesia yang masih belum bekerja sesuai dengan standar prosedur keamanan, serta tidak memperhatikan dan menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam melaksanakan pekerjaannya. Untuk mengatasi hal ini, komunikasi dapat menjadi solusi dalam penerapan K3. Mengapa perlu menggunakan komunikasi?

Komunikasi adalah pemberian atau pertukaran informasi melalui kegiatan berbicara, menulis atau menggunakan media lain. Penelitian komunikasi yang dilakukan Paul Rankin mengatakan 70% dari waktu manusia digunakan untuk berkomunikasi. Manusia menggunakan waktunya 16% untuk membaca, 9% untuk menulis, 30% untuk membaca dan 40% untuk mendengar.

Komunikasi sering diabaikan, padahal komunikasi adalah bagian yang penting dalam lingkungan kerja apapun. Komunikasi juga salah satu alat yang paling efektif dalam segala bidang bisnis, termasuk dalam keselamatan di tempat kerja.

Komunikasi dinilai dapat membantu produktivitas serta kesehatan dan keselamatan para pekerja. Dari berbagai macam bentuk komunikasi yang ada, diperlukan komunikasi yang efektif untuk menerapkan K3.

Komunikasi yang efektif adalah dimana semua pihak dapat mendengarkan dan memiliki kesempatan untuk memberikan sudut pandang mereka.

Komunikasi efektif dapat dilakukan melalui kegiatan safety talk yang merupakan salah satu upaya dari banyaknya program yang ada dalam K3.

Kegiatan ini merupakan sarana komunikasi pekerja yang paling efektif, karena melalui kegiatan ini para pekerja dapat mendiskusikan berbagai masalah pekerjaan serta upaya mencegah terjadinya bahaya di tempat kerja yang nantinya dapat diterapkan dan dipraktekan di lapangan. Hal ini sejalan dengan hasil komunikasi yang ternyata dapat berjalan lebih maksimal ketika informasi tersebut diterima melalui apa yang orang kerjakan dan katakan.

Dengan pertumbuhan industri yang sedang berkembang di Indonesia saat ini serta waktu komunikasi yang dihabiskan dalam kehidupan manusia, komunikasi yang efektif dapat menjadi kunci penting dalam K3. Salah satu kegiatannya adalah melalui kegiatan safety talk. Safety talk dapat dilakukan di pagi hari ketika para pekerja masih memiliki fokus yang tinggi. Hal ini agar informasi yang diterima oleh para pekerja dapat diterima dengan baik. Dalam kegiatan ini para pekerja melakukan sharing tentang pekerjaannya yang bertujuan untuk saling mengingatkan tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan dalam bekerja terhadap satu sama lain.

Sebagai bentuk penerapan dari komunikasi yang efektif, kegiatan safety talk ini juga dapat diterapkan dalam seluruh lingkungan pekerjaan. Safety talk dapat dilakukan secara fleksible yaitu dimanapun dan kapanpun, yang penting waktu dan tempat tersebut dapat nyaman untuk melakukan komunikasi. Selain itu kegiatan safety talk juga diharapkan dapat meminimalisir tingkat kecelakaan kerja di Indonesia nantinya. Kalo bukan sekarang waktunya, lalu kapan lagi? Yuk, kita mulai aja dulu! Kita terapkan komunikasi efektif demi Indonesia tanpa kecelakaan kerja kedepannya!

Risa Aretha Putriana, Mahasiswi Administrasi Keuangan Publik FISIP UNPAD.

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar