Yamaha NMax

Robert Alberts Beberkan Kunci Performa Meningkat Persib di Putaran Dua

  Minggu, 17 November 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts mengaku puas dengan kedalaman tim asuhannya di putaran kedua Liga 1 2019 ini. Robert menilai, skuat Maung Bandung kini memiliki komposisi pemain yang seimbang dengan kualitas semua pemain merata. 

Bukti kedalaman komposisi tersebut dapat terlihat saat Persib berhasil membungkam Arema FC dengan skor telak 3-0. Padahal dalam laga itu sejumlah pilar yang kerap bermain sebagai pemain inti terpaksa absen. Sebut saja Ezechiel Ndouassel, Kevin van Kippersluis, Esteban Vizcarra, Ardi Idrus, dan Febry Haryadi.

Robert mengaku, perombakan skuat pada bursa transfer putaran dua pun dinilai manjur dan berpengaruh signifikan kepada performa tim. Maklum, pada Liga 1 putaran pertama lalu, Maung Bandung sempat kehilangan taringnya. Bahkan Supardi Cs sempat mengalami paceklik kemenangan di tujuh pertandingan.

"Seperti yang saya bilang, ketika saya datang ke Persib ada ketidakseimbangan di sini. Banyak pemain di posisi tertentu dan tidak seimbang di kekuatan pemain asing," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (17/11/2019).

Namun memasuki putaran dua, Robert mulai putar otak mencari cara untuk mendongkrak performa tim salah satunya dengan mendatangkan tiga legiun asing. Selain itu, untuk meningkatkan semangat kompetitif antarpemain, pelatih asal Belanda itu menerapkan kebijakan rotasi pemain.

"Sekarang sudah mulai seimbang, sudah sama-sama berkomeptisi di dalam tim. Kita lakukan rotasi. Setiap pemain bisa bermain. Misal, Dedi masuk dan juga dengan pemain lain, kita lakukan rotasi karena ada yang cedera, atau tergantung dengan taktikal, karena mereka tahu mereka akan bermain tapi tidak di semua laga," lanjut Robert.

Karenanya, saat melawan skuat Singo Edan, Maung Bandung mampu kembali menampilkan tajinya. Alhasil, pelatih yang belum lama ini berulang tahun yang ke-65 itu  mengakui tim asuhannya layak mendapat kemenangan kontra Arema lantaran mampu bermain mengagumkan.

"kita bermain dengan menganggumkan. Saya pikir kita sangat pantas mendapatkan gol itu karena kita bermain dengan baik dan Arema tidak punya banyak peluang. Babak kedua permainan sudah mulai imbang tapi kita tetap kontrol bola dan bermain dengan baik. Seperti yang saya katakan mereka pantas mendapatkan kemenangan ini karena sudah bermain dengan bagus," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar