Yamaha

Kota Bandung Kekurangan Guru PNS

  Minggu, 17 November 2019   Rizma Riyandi
Oded M. Danial (ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Bandung masih kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tahun 2020 mendatang, ada sekitar 1000 guru PNS pensiun sedangkan pengangkatan guru baru masih terbatas.

"Kita tahu bahwa guru itu tiap tahunnya pensiun sekitar 1.000 orang. Tetapi urusan masuk lagi atau CPNS-nya ada di pusat. Tahun ini kita hanya memperoleh 602 lowongan CPNS," kata Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai menghadiri acara Seminar Nasional Pendidikan tahun 2019 di Gedung Harapan Kasih, Kota Bandung, Sabtu (16/11/2019).

"Maka itu dibutuhkan inovasi untuk mengatasi keterbatasan seperti itu. Karena memang kebijakannya adanya di pemerintah pusat. Kami dibatasi dan dijatah oleh pusat, yang sebetulnya kami sudah mengusulkan," imbuh Oded.

Sehingga menurutnya, guru non PNS masih dibutuhkan. Sebagai konsekuensinya, Pemkot Bandung harus memberikan kesejahteraan yang lebih maksimal.

"Guru non PNS masih dibutuhkan. Di Bandung alhamdulillah, kami berikan kesejahteraan kepada guru non PNS ini. Itu artinya kami sangat perhatian," katanya.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Bandung, Maman Sulaeman menyampaikan, hasil pemetaan, pada tahun 2020 nanti terdapat 1.000 guru yang pensiun. Oleh karenanya, ia berharap pemerintah memberikan penggantinya.

"Dengan itu, kita masih butuh guru non PNS. Itu sangat membantu. Sebagai perhatian, kita berikan kesejahteraan yang menunjang bagi guru-guru non PNS," katanya.

Namun Maman menegaskan, apa pun statusnya, seorang guru harus profesional. Salah satunya, harus terus menambah kapasitas kemampuannya lewat seminar dan lokakarya.

"Kita lakukan hal itu agar guru memiliki kompetensi yang unggul. Sehingga dalam aktivitas sebagai guru bisa dilakukan secara profesional," tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar