Yamaha

5 Fakta Seleksi CPNS 2019 di Jawa Barat yang Harus Diketahui

  Sabtu, 16 November 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi seleksi CPNS. (Antara)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Seleksi penerimaan CPNS di Jawa Barat telah dibuka sejak 11 November 2019. Saat ini, sebanyak lebih dari 1900 formasi dibuka untuk berbagai posisi meliputi tenaga kesehatan, tenaga teknis, dan tenaga pendidik.

Kasubid Formasi dan Pengadaan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Pepi Taufik mengumumkan sejumlah hal yang perlu diketahui oleh para calon pelamar CPNS di wilayah Jawa Barat:

1. Membuka 1934 Formasi

Jumlah formasi yang dibuka untuk CPNS wilayah Jawa Barat sebanyak 1934 formasi. Jumlah ini bertambah hampir dua kali lipat dari tahun lalu.

"Tahun lalu dibuka 1.085 formasi, sekarang hampir dua kali lipatnya," ungkap Pepi ketika ditemui dalam acara Jabar Punya Informasi terkait CPNS 2019 di Gedung Sate Bandung, Jumat (15/11/2019).

Jumlah tersebut terdiri atas 1.002 tenaga teknis, 839 tenaga pendidik, dan 93 tenaga kesehatan. Adapun pendaftaran CPNS 2019 wilayah Jawa Barat berlangsung hingga 24 November 2019.

2. Ada Kuota Disabilitas dan Cumlaude

Wilayah Jawa Barat membuka minimal 2% untuk pelamar CPNS jalur disabilitas. Angka tersebut setara dengan 48 formasi yang tersebar di berbagai instansi. Para pendaftar yang mengambil jalur disabilitas diminta untuk membawa surat keterangan dokter yang dapat menjelaskan kondisi masing-masing ke BKD Jawa Barat untuk memastikan kesesuaian informasi.

"Kemudian akan kami komunikasikan ke OPD terkait," ungkapnya.

Beberapa instansi yang membuka lowongan CPNS jalur disabilitas di antaranya Dinas Pendidikan Jawa Barat, DPM Desa Jawa Barat, dan Dinas Bina Marga Jawa Barat.

Selain itu, terdapat jalur untuk lulusan universitas penyandang predikat cumlaude. Syaratnya adalah lulusan cumlaude PT dalam negeri berakreditasi A dengan IPK minimal 3,40. Pelamar yang berasal dari lulusan PT luar negeri atau bekerja di luar negeri juga dapat melamar dengan menyertakan ijazah dan surat keterangan dari Kemenristekdikti.

3. Formasi Teknis Diperbanyak

Tahun ini, jumlah formasi teknis jauh lebih banyak dibanding tahun lalu. Latar belakang posisi teknis yang dibutuhkan berasal dari berbagai jurusan IPA maupun IPS, di antaranya meliputi bidang pertanian, agroteknologi, teknik sipil, kedokteran hewan, perhubungan darat, sosial politik, komunikasi, ilmu administrasi, pemerintahan, IT, teknik informatika, hukum, akuntasi, ekonomi, dan lain-lain.

4. Ada Masa Sanggah

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN) Budi Haryono mengatakan, salah satu hal yang membedakan CPNS 2019 dengan tahun lalu adalah adanya masa sanggah yang dapat dimanfaatkan pendaftar untuk bertanya atau melakukan komplain terhadap proses pendaftaran atau tes yang dilalui.

"Ada masa sanggah buat yang kurang puas. Masa sanggah boleh diajukan pelamar selama tiga hari. Misalnya, bertanya kenapa ditolak dan sebagainya. Bisa disampaikan ke instansi, nanti ada yang menjawab," ungkapnya ketika ditemui dalam kesempatan yang sama.

"Tahun lalu ini enggak ada. Tujuannya adalah untuk meningkatkan transparansi," tambahnya.

5. Diumumkan Desember 2019

Pelaksanaan pendaftaran CPNS 2019 untuk wilayah Jawa Barat  dilaksanakan selama 14 hari sejak 11 November hingga 24 November 2019. Pengumuman penerimaan akan dilakukan pada Desember 2019. Seluruh persyaratan dan formasi CPNS 2019 Jawa Barat dapat diakses di http://bkd.jabarprov.go.id/

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar