Yamaha Aerox

ACT Kirim 100 Relawan dan Bantuan ke Gaza Palestina

  Jumat, 15 November 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Branch Manager ACT Jawa Barat, Renno I. Mahmoeddin dalam konferensi pers, di Masjid Al-Imtiyaaz, Jumat (15/11/2019). (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

CIBEUNYING KIDUL, AYOBANDUNG.COM -- – Menjelang musim dingin, Palestina tengah berduka. Hal ini disebabkan serangan udara dari Israel yang melintasi perbatasan Gaza terus digencarkan. Per Kamis (14/1/2019), Al Jazeera menyebutkan serangan menimbulkan 32 orang meninggal dunia, sementara lebih dari 82 jiwa menderita luka berat dan ringan di sejumlah wilayah Gaza.

Selain memakan korban jiwa, serangan Israel juga meluluhlantakkan sekitar ratusan bangunan di sepanjang Jalur Gaza. Merespons dampak tragedi tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan mengirimkan 100 relawan untuk menyampaikan bantuan di Gaza.

"Insyaallah kita akan mengirimkan 100 relawan kesana. Total 100 relawan. Kalau tim  ACT kita sudah ada yang perwakilan cabang di Palestina, Gaza," ujar Branch Manager ACT Jawa Barat, Renno I. Mahmoeddin dalam konferensi pers, di Masjid Al-Imtiyaaz, Jumat (15/11/2019).

AYO BACA : Global Wakaf-ACT Bangun Sumur Wakaf di Penghujung Kemarau

Sementara itu, Renno mengatakan, saat ini di tanah Gaza, Palestina baru ada 30 tenaga relawan. Padahal banyak korban jiwa hingga luka yang membutuhkan bantuan. Karenanya, Renno menyakaikan, pihaknya juga menyatakan bantuan sudah dipersiapkan dan akan diberikan lebih masof untuk merespons situasi darurat terkini di Gaza, utamanya adalah bantuan medis.

Hingga saat ini, ada beberapa bantuan yang telah disiapkan, yaitu posko First Response. Posko ini digunakan untuk melayani dan menangani kasus gawat darurat untuk para korban. Posko akan didirikan di beberapa kegubernuran di Jalur Gaza, khususnya yang berada di dekat perbatasan-perbatasan.

"Sudah ada di sana cuman memang jumlahnya masih di bawah sekitar 30-an. Belum banyak tapi target dari pusat kita 100 relawan akan kita turunkan," lanjutnya.

AYO BACA : ACT dan GIB Salurkan 1 Ton Beras di Ponpes Kulonprogo

Di sisi lain, ACT, lanjut Renno amat mengecam apa yang dilakukan Israel terhadap Palestina, terlebih menjelang musim dingin yang mencekam. ACT melihat permasalahan ini bukan lagi masalah yang ringan karena sudah berlangsung setiap tahun dengan eskalasi yang semakin meningkat.

Karenanya, Program bantuan reguler yang sudah ada akan terus ditingkatkan salah satunya pndistribusian bantuan medis, kesediaan paket pangan, dan bantuan lainnya.

"Tentu, kita sangat keras sekali mengecam karena ini merusak kehidupan. Kita tahu di belakangnya Israel ini adalah Amerika. Coba kita bisa bayangkan nyawa itu seperti tidak ada harganya. Di depan mata mereka tembah tapi sambil ketawa-ketawa. Bahkan tidak hanya ibu-ibu anak kecil pun diperlakukan sama. Apakah ini masih disebut sebagai manusia? Saya rasa bukan," lanjutnya.

Karenanya, Aksi Cepat Tanggap terus mengajak masyarakat dermawan untuk bersama membantu warga terdampak konflik kemanusiaan di Palestina. Masyarakat dapat berdonasi langsung melalui tautan bit.ly/sahabatdermawanACT atau salurkan melalui Bank Syariah Mandiri # 7068544313 rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap.

"Insyaallah kita akan coba konsentrasi dengan partnya di kemanusiaan. Karena ACT fokus di kemanusiaan, maka kita fokus untuk itu. Tapi Insyaallah karena aksi kita di kemanusiaan, kita fokus di kemanusiaan untuk mengajak semua umat untuk bergerak membantu memberikan bantuan terbaiknya, infak terbaiknya," ujarnya.

AYO BACA : ACT Ajak Berbagi Kebaikan di Hari Bahagia Nasional 11.11

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar