Yamaha

24 Perda di DPRD Cimahi Telan Rp4 Miliar

  Rabu, 13 November 2019   Tri Junari
Gedung DPRD Kota Cimahi. (Ayobandung.com/Tri Junari)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--DPRD Kota Cimahi memproyeksikan anggaran yang dibutuhkan untuk pembahasan 24 Peraturan Daerah (Perda) di tahun 2020 mencapai lebih dari Rp4 Miliar.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Cimahi DPRD Kota Cimahi, Enang Sahri mengatakan, untuk pembahasan hingga rampung satu perda setidaknya butuh anggaran Rp200 juta. 

AYO BACA : KTA DPRD Cimahi Dibikin Multifungsi

Sesuai rencana, DPRD Cimahi tahun depan akan melakukan 18 revisi perda dan membahas 6 perda baru.

"Untuk tahun depan itu tiap Perda itu anggarannya sekitar Rp200 juta lebih," terang dia saat ditemui di Kantor DPRD Kota Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Rabu (13/4/2019).

AYO BACA : Baru Dilantik, Anggota DPRD Cimahi 2 Kali Pelesir

Enang menjelaskan, anggaran sebesar Rp200 juta per Perda itu untuk memenuhi semua kebutuhan pembuatan Perda oleh Panitia Khusus (Pansus). Dari mulai kerja sama dengan akademisi dari Peguruan Tinggi (PT) yang melakukan kajian.

"Itu include dengan narasumber, dengan kajian. Itu sudah dengan kegiatan study banding-nya. Kalau menurut aturan di Tatib satu Pansus itu 15 orang tapi adakalanya hanya 10," ujar Enang.

Sebab anggaran sebesar itu, lanjut Enang, maka pihaknya tidak akan sembarangan dalam membuat Perda. Maka dari itu pihaknya selalu melibatkan para akademisi untuk melakukan kajian yang hasilnya menjadi penentu laik tidaknya isu yang diangkat dijadikan sebuah Perda.

"Makannya kita membuat Perda jangan asal-asalan. Harus berdaya guna, harus bermanfaat untuk masyarakat. Kalau sekarang kita ini tidak berdaya guna itu kan pemborosan," katanya.

AYO BACA : Gagal di Pilwakot, Achmad Zulkarnain Jadi Ketua DPRD Cimahi

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar