Yamaha

Mediasi Konsumen dan Akumobil Masih Buntu

  Senin, 11 November 2019   Faqih Rohman Syafei
Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar, Banten, DKI, Firman Turmantara. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Proses mediasi pengembelian uang antara sejumlah konsumen dan pihak Akumobil belum membuahkan hasil. Jika terus berlarut, konsumen Akumobil akan menempuh upaya hukum.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar, Banten, DKI, Firman Turmantara yang sekaligus kuasa hukum atas 800 konsumen Akumobil.

Firman mengatakan pasca pihaknya mengadu ke DPRD Jabar pekan lalu, pada sore harinya pihak Akumobil meminta pertemuan di salah satu kafe Jalan Sumatera, Kota Bandung dengan sejumlah konsumennya namun berujung buntu.

AYO BACA : Demi Penyidikan, Polisi Blokir Rekening Akumobil

"Mereka (Akumobil) inisitif meminta mediasi, saya sengaja tidak datang dan menugaskan sejumlah rekan pengacara. Hasilnya masih belum jelas," ujarnya saat dihubungi ayobandung.com, Senin (11/11/2019).

Jika terus demikian, Dia mengaku telah menyusun langkah-langkah strategis untuk membela kliennya. Pasalnya setiap pertemuan selalu tidak membuah hasil, bahkan terksesan mengulur waktu.

"Ini mau serius atau tidak, ada itikad baik atau tidak. Misalnya ada itikad baik harus jelas setiap pertemuan harus ada progresnya," katanya.

AYO BACA : Jika Terbukti Akumobil Kantongi Izin, HLKI Minta Pemerintah Bertanggung Jawab

Terkait menempuh jalur hukum, Firman mengungkapa hal terseut tidak menutup kemungkinan. Namun tergantung keputusan para konsumuen, bahkan pekan lalu ada sejumlah konsumen yang menunjuk pengacara kondang sebagai kuasa hukumnya.

"Kalau proses hukum sudah ya, ada konsumen tujuh yang lapor. Ada 10 konsumen menguasakan ke seorang lawyer Jakarta. Hak mereka (konsumen) lakukan langkah hukum untuk pilih pengacara lain," tuturnya.

Dia mengaku dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan konsumen Akumobil guna membahas sikap kedepannya.

"Sehari atau dua hari lagi, akan kumpulkan terutama pengurus (komite) kita harus ambil sikap kira-kira ada itikad baik bermediasi, intinya untuk mengembalikan uang. Proses hukum akan dicabut manakala uang dikembalikan, dan tidak sedikit pun dipotong," ucapnya.

AYO BACA : HLKI Sebut Akumobil Gunakan Skema Ponzi atau MLM

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar