Yamaha

Google Kian Dipercaya untuk Diagnosis Sakit daripada Dokter

  Senin, 11 November 2019
Ilustrasi diagnosis penyakit melalui Google. (Pixabay/Photo Mix)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Google kian dipercaya untuk mendiagnosis sakit daripada seseorang harus mendatangi dokter.

Zaman yang serba praktis membuat siapa saja mudah mengakses informasi, termasuk informasi kesehatan. Saat sakit, banyak orang memilih bertanya pada Google dibanding konsultasi ke dokter.

AYO BACA : Diet Air Putih Buruk untuk Tubuh, Ini Penjelasannya

Hal ini juga yang membuat 43% orang lebih takut dan khawatir terhadap kesehatannya. Bahkan 2 dari 5 orang Amerika mengaku yakin bahwa dirinya mengidap penyakit yang cukup serius, sebagaimana diungkap dalam penelitian terbaru.

Mengutip laman Dailymail, Senin (11/11/2019), temuan dilakukan setelah dilakukan survei terhadap 2.000 orang Amerika. Sebanyak 54% mengaku menggunakan Google sebagai panduan mendiagnosis diri sendiri.

AYO BACA : Cara Jaga Berat Badan Tanpa Diet

Alih-alih mengurangi kekhawatiran, 74% dari responden mengaku merasa jauh lebih khawatir tentang kesehatan mereka. Parahnya, hanya kurang dari 40% yang mengkui bahwa saran medis di Google bisa diandalkan.

Lebih lanjut, saat ditanyakan alasan mengapa memilih internet dibanding dokter, jawabannya cukup beragam, seperti tidak punya dokter khusus, menghindari dokter karena biaya perawatan, dokter tidak percaya saat pasien menjelaskan gejala yang dialami, hingga tidak punya waktu pergi ke rumah sakit.

"Fakta baru, bahwa lebih dari separuh orang dewasa AS beralih ke Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang gejala-gejala sakit mereka," ujar Direktur Medis LetsGetChecked Robert Mordkin.

"Perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk menemui dokter menyoroti perlunya solusi yang lebih baik untuk menguji, mengelola, dan mengetahui kesehatan setiap individu," sambung Dr Mordkin.

AYO BACA : 3 Cara Diet yang Bisa Membentuk Otot

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan   Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar